Beranda Sulsel Plt Gubernur SulseL Buka Rakor Bidang PMD

Plt Gubernur SulseL Buka Rakor Bidang PMD

HERALDMAKASSAR.COM – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri secara virtual Rapat  Koordinasi bidang pemberdayaan masyarakat dan desa serta pembangunan desa dan pedesaan tingkat provinsi sulsel, di Rumah Jabatannya, Kamis (8/7).

Plt Gubernur Sulsel mengaku menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini sebagai wujud dukungan dan sinergitas dalam memajukan pedesaan di provinsi Sulsel.

” Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kami menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini sebagai wujud dukungan terhadap sinergitas dan implementasi, salah satunya kebijakan prioritas nasional yakni Dana Desa dan SDGs Desa, sekaligus diharapkan dapat mendukung dan selaras dengan pencapaian Visi Misi Sulawesi Selatan 2018-2023  yakni Sulawesi Selatan yang Inovatif, Produktif,  Kompetitif, Inklusif dan Berkarakter,” ungkapnya.

Ia menyebutkan Kebijakan Dana Desa adalah salah satu  program prioritas Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan mengucurkan Dana Desa kepada seluruh Desa yang ada di Indonesia, dan secara konsisten jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

” Provinsi Sulawesi Selatan, sejak tahun 2015 hingga tahun 2021, kita telah menerima Dana Desa sebesar 10,2 Triliun bagi 2.255 Desa,” sebutnya

Lebih jauh Andi Sudirman Sulaiman Sulsel mengaku sesuai dengan  peruntukannya Dana Desa telah digunakan untuk  membiayai kegiatan pembangunan dan  pemberdayaan masyarakat Desa.

” Dana desa digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat,  peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan di Desa,” pungkasnya.

Ia menambahkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan  berkomitmen membangun infrastruktur dan  memberdayakan ekonomi masyarakat melalui  hilirisasi komoditas pertanian Sulawesi Selatan yang  berkelanjutan untuk menjangkau Desa dan Daerah  yang selama ini terpencil dan terisolir.

” Kita terus hilirisasi komoditas pertanian Sulawesi Selatan yang  berkelanjutan untuk menjangkau Desa dan Daerah  yang selama ini terpencil dan terisolir. Padahal  memiliki kekayaaan potensi yang sangat strategis, jika hal tersebut kita intervensi maka banyak  masyarakat yang menikmatinya sehingga pergerakan barang dan jasa dapat memacu pertumbuhan  ekonomi secara cepat dan mengejar ketertinggalan  dari wilayah-wilayah lainnya.” Tutupnya.

Sementara itu, Plt Kadis PMD Sulsel Provinsi Sulsel, Sukarnianty Kondolele mengaku Rapat koordinasi ini mengangkat tema evaluasi progres dan tahapan implementasi SDGs desa tahun 2021.

” Maksud dan tujuan Rapat koordinasi ini sebagai ajang evaluasi dan koordinasi antar Lintas Sektor, dengan melibatkan Satker Provinsi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten, Perwakilan Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten, perwakilan Dinas PMD Kabupaten, perwakilan Camat dan Perwakilan Kepala Desa serta Mengkoordinasikan Lintas Sektor dalam rangka evaluasi pendataan dan penetapan  Sustainable Develpohment Goals (SDGs) Desa dimasing-masing kabupaten,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan kegiatan ini menjadi bagian untuk Merumuskan langkah-langkah atas permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan pendataan dan penetapan SDGs Desa, serta masalah pendampingan.

” Melalui kegiatan ini kita Merumuskan langkah-langkah tahapan dan persiapan perencanaan tahun 2022 Merumuskan RKTL dan Rekomendasi Rapat Koordinasi tingkat Provinsi Sul-Se,” sebutnya.