Beranda Sulsel Naoemi, PKK Sulsel Senantiasa Berperan Aktif Dalam Kemajuan Indonesia

Naoemi, PKK Sulsel Senantiasa Berperan Aktif Dalam Kemajuan Indonesia

HERALDMAKASSAR.COM – Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina menegaskan PKK Sulsel senantiasa berperan aktif dalam kemajuan Indonesia, melalui programnya. Termasuk mendorong kemampuan masyarakat memperoleh berbagai layanan publik.

Hal ini disampaikan Naoemi Octarina saat pembukaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Sulsel, di Hotel Four Points Makassar, Rabu, 2/6.

Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel mengaku masyarakat harus memperoleh berbagai layanan publik. Seperti pendidikan, kesehatan, perbankan, dan sebagainya.

“Untuk mengakses layanan ini tentu membutuhkan kelengkapan dokumen. Saat pelaksanaan Rakernas PKK, program Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (KISAK) ini menjadi rekomendasi. Dan Sulsel menjadi pelopor, provinsi pertama yang menindaklanjuti hasil Rakernas ini,” ungkapnya.

Melalui program KISAK ini, PKK Provinsi sulsel bersama kabupaten/kota se Sulsel bersinergi dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan.

“PKK Provinsi Sulsel dan kabupaten kota, akan bersinergi, bersama-sama menyadarkan masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan, sehingga dapat mengakses pelayanan publik. Mulai dari Akte Kelahiran hingga KTP, yang tentu sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Sementara itu , Kepala Dinas Catatan Sipil Sulsel, Sukarniaty Kondolele, mengaku masih banyak masyarakat yang enggan mengurus administrasi kependudukan, kecuali bersoal dengan masalah pelayanan publik. Karena itu, pihaknya bersinergi dengan PKK sebagai mitra pemerintah, yang memiliki kader hingga ke tingkat paling bawah.

“Kami bermitra dengan PKK, karena PKK tidak hanya subjek, tapi juga objek yang bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat,”uUngkapnya.

Ia juga mengaku telah menginstruksikan Dinas Catatan Sipil yang ada di kabupaten kota untuk bersinergi dengan PKK di daerahnya masing-masing.

“Saya sudah menginstruksikan Dinas Catatan Sipil Kabupaten Kota agar mensupport program KISAK ini sampai ke tingkat paling bawah,” tutupnya.

Diketahui, pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Sulsel, Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina, didampingi Kepala Dinas Catatan Sipil Sulsel, Sukarniaty Kondolele, melaunching KISAK yang ditandai dengan penerbitan 49 dokumen kependudukan di masing-masing kabupaten kota.