Beranda Sulsel Liestiaty Nurdin Ikut Webinar Dekranas Bahas Peningkatan Produktivitas Platform Digital Ditengah Pandemi

Liestiaty Nurdin Ikut Webinar Dekranas Bahas Peningkatan Produktivitas Platform Digital Ditengah Pandemi

HERALDMAKASSAR.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel Hj Liestiaty Fachrudin Nurdin mengikuti Zoom Webinar Dekranas Seri-1 bersama Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dan Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian, pada Sabtu (4/7/2020) kemarin sore.

Webinar Dekranas ini mengangkat tema “Adaptasi kebiasaan baru sektor kerajinan, dalam rangka meningkatkan produktifitas melalui platform digital” diikuti oleh lebih dari 500 audien zoom di seluruh Indonesia, menghadirkan 3 narasumber yakni Samuel Wattimena, Josua Simanjuntak, dan Radityo Triatmojo.

Dengan tujuan untuk berbagi ilmu dan informasi kepada para pengrajin dibawah Dekranasda Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia agar tetap menghasilkan omset ditengah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Dekranas Pusat mengajak seluruh Wirausaha dan UKM untuk menambah wawasan dan berbagi informasi mengenai penguatan usaha di masa Pandemi Covid-19.

Namun, dengan adanya pandemi virus Corona yang sangat berpengaruh di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UKM di Indonesia cukup kesulitan.

Untuk itu, para pelaku usaha di bidang kreatif diharapkan untuk lebih meningkatkan produktivitasnya melalui platform digital yang dilakukan pada hari ini.

Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty Fachrudin Nurdin menyampaikan bahwa pihaknya sudah lama bekerjasama dengan Gojek dan Grab untuk bersinergi mendorong kemajuan UMKM dan peningkatan pemberdayaan masyarakat dan keluarga di Sulsel.

Bahkan sejak awal, ia meminta pelaku ekonomi kreatif khususnya kerajinan diajak untuk memanfaatkan platform digital agar tetap bertahan dan produktif di masa pandemi Covid-19.

Karena menurutnya, melalui aplikasi digital para pelaku usaha kerajinan lebih mudah memasarkan produk dan mengembangkan usahanya, khususnya produk-produk lokal daerah.

Setelah acara webinar Dekranas, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengatakan bahwa para pelaku usaha dibawah Dekranasda Sulsel agar terus mengembangkan produk bermerk lokal daerah.

“Bahkan istri saya ke mana-mana pakai yang berbahan sutra dan eceng gondok. Ibu lies itu jadi endorsnya teman-teman pelaku umkm dengan gratis lho,” Sambil bercanda melirik ke Ibu Lies dengan bangganya dengan secara langsung ketua dekranasda memperkenalkan hasil kerajinan tangan UMKM Sulsel.

Olehnya, ia mengharapkan kepada masyarakat Sulawesi Selatan agar senantiasa membeli produk pengrajin lokal, sehingga daya saing perajin lokal terus dapat meningkat

Sekadar diketahui, dalam Webinar tersebut diikuti juga oleh Wakil Ketua Harian 1 Dekranasda Sulsel Andi Oci Alepuddin, dan beberapa pengurus Dekranasda lainnya.

Lap. Humas Dekranasda Sulawesi Selatan, Warni Saharuddin