Beranda Headline News Pilpres 2024, Panggung Para Gubernur

Pilpres 2024, Panggung Para Gubernur

HERALDMAKASSAR.com – Seiring dengan pandemi corona, bursa calon presiden ikut bergerak. Nama-nama yang sebelumnya memuncaki elektabilitas, kini justru tergerus oleh corona.

Misalnya Prabowo Subianto dan Salahuddin Uno. Dua nama ini sebelumnya memiliki elektabilitas signifikan, namun saat pandemi  corona alias Covid-19 ternyata melorot.

Yang berkibar justru para gubernur. Tiga gubernur yang dapat durian runtuh yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi Ph.D.

Menurut Burhan, corona memberikan panggung bagi kepala daerah menjadi kontestan pilpres 2024. Apalagi, Presiden Jokowi, selaku petahana sudah tidak bisa ikut bertarung. “Pertanyaannya, siapa yang dapat dukungan Pak Jokowi. Karena penanganan ini sangat mempengaruhi dukungan,” ujarnya.

Dua bulan terakhir, kata dia, panggung penanganan corona berubah, dari pusat ke daerah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berhasil mengambil mementum ini.

“Mereka juga punya insentif elektoral untuk maju di 2024. Berbekal dari pengalaman mereka menangani Covid-19. Kalau penanganannya baik, maka mereka dapat tiket buat maju di 2024,” ujar Burhan.

Sementara gubernur lain, sebut Burhan, tidak bisa memaksimalkan panggung ini. Seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang muncul hanya ributnya dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Begitu juga Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

“Karena Covid-19 jadi panggung para gubernur, maka tak heran jika nama-nama seperti Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir ikut tenggelam. Padahal sebelumnya Prabowo mengungguli survei-survei,” katanya.

(HM)