Beranda Makassar Dinas PU Buka Sayembara Desain Gedung Arsip Makassar

Dinas PU Buka Sayembara Desain Gedung Arsip Makassar

HERALDMAKASSAR.com – Sejak September lalu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar membuka sayembara desain untuk pembangunan Gedung Arsip Kota Makassar. Sayembara ini dibuka untuk kategori profesional dan kategori pelajar.

Kepala Seksi Bina Jasa Konstruksi, Suriadi memaparkan, para peserta sayembara ini bakal berkompetisi mendesain bangunan di atas lahan 900 meter persegi.

“Lahan yang tersedia itu tiga puluh kali tiga puluh meter, berlokasi di Jalan Kerung-Kerung, dekat Kantor BPBD Makassar dan kantor direksi PD Pasar dan Bengkel Metro Dinas PU Makassar,” ungkap Suriadi.

Dia menyebut, pihak Dinas PU Makassar sengaja menggelar sayembara ini secara terbuka, sebagai peluang bagi arsitek untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Kota Makassar.

“Ini sebagai wujud implementasi dan komitmen Pemerintah Kota Makassar terhadap pemberdayaan masyarakat dan juga mengembangkan iklim kompetitif, dengan karya yang kreatif dan inovatif,” terangnya.

Tantangan dalam sayembara ini, kata Suriadi sedikit berbeda. Pasalnya, ada ketentuan, kaidah dan standar gedung dalam sistem pengelolaan kearsipan yang telah ditetapkan.

Selain fungsi yang berstandar, nilai estetika juga menjadi poin tambahan. Pasalnya gedung ini nantinya diharapkan menjadi ikon baru Kota Makassar.

“Aktualisasi ide desain gedung arsip yang berfungsi dalam mewadahi kegiatan pengelolaan arsip, dan yang berkontribusi dalam pengungkapan peradaban kini dengan estetika tinggi sehinga layak menjadi salah satu ikon kota Makassar,” tutupnya.