Beranda Makassar Dinas PU Siap Fasilitasi Air Bersih di Kampung Sakura

Dinas PU Siap Fasilitasi Air Bersih di Kampung Sakura

HERALDMAKASSAR.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Makassar menggelar sosialisasi Sarana dan Prasarana Air Bersih yang merupakan rangkaian dari kegiatan perencanaan untuk mengidentifikasi masalah terkait penyediaan air bersih.

Sosialisasi ini berlangsung Rabu (03/4/2019) bertempat di Kantor Lurah Biring Romang Kecamatan Manggala yang berlokasi dekat dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dihadiri oleh Lurah Biring Romang, Ketua RT dan RW, serta warga kampung Sakura Kelurahan Biring Romang.

Saat membuka sosialisasi, Lurah Biring Romang Hajriah Dahlan Saleh mengatakan, bahwa di kampung Sakura RW 01 yang memiliki 140 Kepala Keluarga (KK) masih banyak yang belum terjangkau air bersih. Maka dari itu, beliau berharap agar bisa diadakan sarana/penampungan air bersih, mengingat pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Mewakili Dinas PU, Makmun mengatakan, bahwa sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan perencanaan untuk mengidentifikasi masalah terkait penyediaan air bersih. Kelurahan Biring Romang berlokasi dekat dengan TPA. Kondisi air tanah permukaan dapat mempengaruhi kualitas air. Sedangkan untuk air tanah dalam tidak mempengaruhi kualitas airnya.

Mengingat, sebelumnya warga kampung Sakura telah membuat surat permohonan penyambungan jaringan PDAM tapi belum ditindak lanjuti hingga saat ini. Maka dari itu, di kegiatan sosialisasi ini dibahas tentang perlunya untuk melakukan koordinasi ke PDAM sebagai tindak lanjut karena pipa induk telah terpasang sejak tahun 2017 dan warga kampung Sakura sangat membutuhkan pipa jaringan untuk dapat terakses air bersih.

Adapun model pengusulan sambungan rumah dapat dilakukan secara langsung dari warga melalui persuratan (RW/RT yang mewakili) yang diketahui oleh pihak Kelurahan. Di dalam surat tersebut dicantumkan jenis-jenis yang dibutuhkan oleh warga terkait air bersih. (*)