Beranda Sulsel Bersama BKKBN, Aliyah Mustika Edukasi Mahasiswa UMI Tentang Pembangunan Keluarga

Bersama BKKBN, Aliyah Mustika Edukasi Mahasiswa UMI Tentang Pembangunan Keluarga

HERALDMAKASSAR.COM — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham memberikan edukasi tentang pembangunan keluarga kepada ratusan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI), berlangsung di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI Makassar, Selasa (26/02/2019).

Kegiatan ini digelar atas kerjasama Komisi IX DPR RI bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Aliyah Mustika mengungkapkan pentingnya merencanakan masa muda dengan baik yang dimulai dari sekarang.

“Adik-adik mahasiswa sekalian penting sekali kita merencanakan masa depan keluarga kita mulai dari sekarang. Kuliah baik-baik, jangan terpengaruh dengan pergaulan bebas, apalagi sampai terpengaruh dengan seks bebas dan narkoba, ini sangat berbahaya dan merusak masa depan kita,” ungkap Politisi Partai Demokrat ini.

Selain itu, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) kota Makassar ini juga mengatakan bahwa Indonesia saat ini berada pada urutan ke-37 di dunia terbanyak masyarakatnya yang menikah di usia muda atau urutan kedua di Asia setelah Kamboja.

“Ini sangat memprihatinkan, kasian anak-anak kita harus menikah di usia muda sementara mereka belum mempersiapkan masa depan mereka dengan baik, tentu ini kita tidak inginkan karena untuk perempuan hamil atau mengandung anak di usia yang masih muda sangat berisiko terhadap kesehatan kandungannya,” tutur Aliyah.

Sementara, kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Andi Mappatoba yang hadir sebagai pemateri mengatakan, masa remaja adalah dimana seorang anak memasuki masa transisi.

“Nah di masa ini rasa ingin tau dan ingin coba-cobanya sangat tinggi. Apapun hal-hal yang mereka lihat di lingkungan mereka selalu ingin tau, mau itu baik ataupun buruk. Yang jadi masalahnya adalah kalau yang mereka lihat itu adalah hal-hal buruk atau tidak baik. Olehnya itu mereka harus diberi pemahaman, diberikan edukasi akan pentingnya menjaga pergaulan dan merencanakan masa depan dengan baik,” tutur Dr. Andi Mappatoba.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sophia Lolobua, Kepala Sub Bidang Program Remaja BKKBN Prov. Sulsel dan Ketua Bidang Minat dan Bakat Universitas Muslim Indonesia Munawir Nasib.