Beranda Nasional Deng Ical Apresiasi Pameran Karya Seni Sulawesi Pa’rasanganta

Deng Ical Apresiasi Pameran Karya Seni Sulawesi Pa’rasanganta

HERALDMAKASSAR.COM – Bentara budaya bekerjasama dengan pelukis dan perupa dari Sulawesi Selatan menggelar pameran karya seni yang bertajuk Sulawesi Pa’rasanganta.

Pameran digelar sebagai wujud kontribusi seniman sulsel terhadap  perkembangan seni rupa di Indonesia.

Wakil Walikota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI dalam sambutannya saat pembukaan bentara budaya menyampaikan apresiasi terhadap seniman Sulawesi Selatan yang telah menunjukkan eksistensi dan tanggung jawab akan kelangsungan budaya seni Sulawesi Selatan.

“Sangat diapresiasi dikarenakan mampu membuat panggung untuk memperkenalkan seni budaya Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Menurut Deng Ical, kegiatan serupa ini menjadi hal yang sangat penting sebagai salah satu solusi untuk mengimbangi adanya kesenjangan sosial di masyarakat khususnya di kota Makassar.

“Partisipasi masyarakat seperti apa yang dilakukan oleh rekan seniman sangat dibutuhkan, untuk menyentuh jiwa dan meningkatkan kepekaan bagi sesama,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Rusdi Amral Direktur Corporate Communication dari Kompas, selaku pihak penyelenggara.

“Hal ini sebagai salah satu wujud tanggung jawab kami di bidang kebudayaan,” ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan sebuah kota bukan hanya tentang pembangunan fisik, tetapi juga harus dibarengi dengan non fisik seperti seni.

Pameran ini akan berlangsung selama lebih dari sepekan, pembukaan (10/1)  pameran mulai tanggal 11 hingga 19 januari, serta workshop dan artist talk pada tanggal 12 januari.

Mengambil tajuk sulawesi Pa’rasanganta yang bermakna kampung halaman Menampilkan karya lukisan dalam berbagai aliran tetapi tetap berakar pada kearifan lokal Sulsel. Sebanyak 29 karya seniman sulawesi selatan dipamerkan dalam kegiatan tersebut.