Beranda Headline News Jokowi: Kejar dan Tangkap Pelaku Biadab Penembakan Pekerja Trans Papua

Jokowi: Kejar dan Tangkap Pelaku Biadab Penembakan Pekerja Trans Papua

Presiden RI, Joko Widodo.

HERALDMAKASSAR.com, Jakarta – Insiden penembakan yang terjadi terhadap puluhan pekerja proyek jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga, Papua, dinilai Presiden Joko Widodo merupakan tindakan biadab.

Seperti diberitakan Cnnindonesia, Jokowi mengaku telah memerintahkan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengejar dan menangkap para pelaku pembunuhan.

“Saya telah memerintahkan Panglima TNI untuk mengejar dan menangkap pelaku tindakan biadab tersebut,” jelas Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (5/12).

Pemerintah, katanya, juga tak gentar dengan kejadian ini. Menurut Jokowi, tidak ada alasan proyek infrastruktur di Papua untuk dihentikan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian mengatakan telah bekerja sama dengan TNI untuk memburu pelaku yang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Saat ini, Wakapolri dan Panglima TNI sudah berada di Papua untuk berkoordinasi. Pasukan yang dipimpin langsung oleh Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua pun sudah diterjukan ke tempat kejadian perkara.

Hanya saja, ia mengakui bahwa medan yang berat bisa menjadi penghalang misi tersebut. Namun, melihat jumlah yang diterjunkan, ia yakin pasukan gabungan bisa mengendalikan situasi.

“Karena medan berat, hutan yang luas sehingga ada kemungkinan pelaku bisa lari ke tempat lain. Tapi kami terus amankan dan the show must go on,” demikian dia.(*)