Beranda Headline News 8.000 Siswa-Siswi SMA/SMK se-Makassar Akan Ikut Pengenalan Lingkungan Sekolah 

8.000 Siswa-Siswi SMA/SMK se-Makassar Akan Ikut Pengenalan Lingkungan Sekolah 

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK tahun 2018 telah selesai digelar. Tahapan selanjutnya adalah masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) kepada siswa-siswi baru.

MPLS di Sulsel akan digelar secara serentak selama tiga hari, yakni mulai hari Kamis, 19 Juli besok sampai hari Sabtu tanggal 21 Juli 2018 mendatang.

Kegiatan ini akan dipusatkan di satu titik yang tempatnya akan disesuaikan oleh masing-masing cabang di daerah. Khusus di Kota Makassar, MPLS akan dipusatkan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

MPLS di Kota Makassar akam diikuti oleh sekitar 8.000 siswa-siswi baru. Sementara jumlah keseluruhan siswa-siswi baru SMA sebanyak 78.465 orang, dan SMK sebanyak 45.087 orang.

Pelaksanaan MPLS di Kota Makassar akan dibuka langsung oleh Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono.

Kepala Bidang SMA Disdik Sulsel, H Basri mengatakan, MPLS yang dilakukan secara terpusat ini untuk efisiensi mengenal lingkungan sekolah, para guru, maupun sesama peserta didik. Hal ini dianggap penting bagi siswa-siswi baru sebagai momen penyesuaian diri.

Terlebih, pada kegiatan MPLS akan diperkenalkan kepada peserta didik baru soal program pemerintah, yang menerapkan sistem kurikulum 2013 (K13).

Basri mengungkapkan, sitem K13 perlu diketahui oleh peserta didik baru karena kurikulum ini berbeda dengan kurikulum 2006 yang digunakan sebelumnya.

Pada sistem K13, siswa-siswi dituntut untuk mencapai standar kompetensi dasar setiap materi ajar. Karenanya, mereka perlu mempersiapkan diri menghadapi K13 tersebut.

“Pada MPLS ini juga akan ada pengenalan etika sebagai bagian dari pendidikan karakter,” kata Basri, Kamis (18/7/2018)

Pada saat yang bersamaan, siswa-siswi baru akan diberikan bimbingan pendidikan antinarkoba dan psikotes.

(muh fadly/pojoksulsel)