Beranda Makassar Sambut 11.950 Mahasiswa Baru, Rektor UNM: Selamat Datang di Kampus Segudang Prestasi

Sambut 11.950 Mahasiswa Baru, Rektor UNM: Selamat Datang di Kampus Segudang Prestasi

HERALDMAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menyambut 11.950 mahasiswa melalui kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2023/2024.

PKKMB tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Generasi Unggul, Berintegritas dan Berkarakter Kewirausahaan di Era Society 5.0” yang berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM, Senin (14/8/2023).

Pada proses PKKMB ini juga turut menghadirkan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Arif Budimanta untuk memotivasi para mahasiswa baru di sesi pertama dalam mengemban pendidikan di kampus.

Sementara untuk sesi kedua dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan Brigjen Pol. Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto yang juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa baru.

Dalam pidatonya, Rektor UNM, Prof Husain Syam menyampaikan proses penyambutan ini sebagai rangkaian untuk adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan serta memberikan bekal untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Kepada para ananda mahasiswa baru, selamat datang di kampus gudangnya para mahasiswa berprestasi, sebanyak 11.950 anda merupakan pilihan yang berhasil lolos dan sudah bersaing dengan 50.000 lebih peminat atau pendaftar di UNM tahun ini,” ujarnya.

Di era digitalisasi atau society 5.0, Prof Husain Syam menitipkan harapan para mahasiswa baru dapat menjadikan dirinya sebagai karakter dan jiwa berwirausaha serta mengembangkan potensi diri di bidang apapun.

“Sekarang eranya persaingan, kepada mahasiswa baru juga diharap dapat bersaing secara mandiri, baik ditingkat kampus, nasional maupun internasional untuk memajukan perguruan tinggi,” kata Guru besar di bidang teknik pertanian ini.

Karena itu, menurut Rektor yang akrab disapa PHS ini, mahasiswa dituntut melakukan kreativitas untuk tampil aktif melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan, organisasi kampus untuk merajut terciptanya kemajuan mahasiswa.

“Mahasiswa UNM telah banyak menorehkan prestasi gemilang ditingkat nasional maupun internasional, pada bidang seni dan olahraga. Karena itu mahasiswa bisa mengembangkan dirinya untuk mengikuti berbagai unit kegiatan mahasiswa atau UKM yang ada di UNM,” jelasnya.

Selain itu, kata PHS, UNM juga selalu berupaya agar mewujudkan situasi dan kondisi kampus yang aman dan nyaman bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu pengetahuan yang diemban.

“UNM dengan tegas mengecam tindak kekerasan dalam kampus, segala bentuk kejahatan termasuk upaya dalam mencegah dan memutus penyebaran narkoba di lingkungan kampus,” ungkapnya.

“UNM memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter mahasiswa agar mampu terhindar dari paham radikal, intoleransi, ekslusif dan terorisme yang dapat menyebabkan disintegrasi bangsa,” tambah PHS.

Sebagai informasi, proses PKKMB tingkat Universitas ini dilakukan dalam 2 sesi. Sesi pertama menghadirkan para mahasiswa baru dari 5 Fakultas yakni Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Fakultas Psikologi dan Fakultas Seni dan Desain.

Kemudian dilanjutkan sesi kedua menghadirkan 4 Fakultas diantaranya, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (*)