Beranda Makassar Suasana Pasar Cidu Tambah Semarak Dikunjungi Seto, Pedagang Optimis Sehati Majukan UMKM...

Suasana Pasar Cidu Tambah Semarak Dikunjungi Seto, Pedagang Optimis Sehati Majukan UMKM Lokal

Calon Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa blusukan di Pasar Cidu, Jalan Tinumbu, Rabu (2/10) malam

HERALDMAKASSAR – Suasana wisata Street Food atau kuliner Pasar Cidu di Jalan Tinumbu, Kecamatan Ujung Tanah tampak berbeda dari biasanya pada Rabu (2/10/2024) malam.

Gairah para pedagang dan pelaku UMKM tampak lebih bersemangat ketika melihat kedatangan calon Wali Kota Makassar, Andi Seto Asapa, memang tak bisa dibendung.

Kehadiran pasangan dari Rezki Mulfiati Lutfi yang dikenal akronim “Sehati” ke Pasar Cidu untuk blusukan sekaligus melihat suasana di salah satu tempat destinasi wisata kuliner yang terkenal di Kota Makassar menyajikan berbagai jenis makanan.

Satu per satu para pengunjung pasar dan pedagang pun tampak disalami oleh Andi Seto Asapa kala menyusuri sepanjang jalan yang dipadati oleh tenant-tenant UMKM.

“Alhamdulillah Pak Seto memborong dagangan saya. Sempat juga bicara bagaimana perkembangan di pasar ini,” ujar Tiara, salah satu pedagang jus buah-buahan usai bercengkrama dengan Seto.

Selain itu, salah satu pedagang bakso goreng atau pentolan, Wulan mengaku sangat bersemangat ketika dikunjungi Seto, ia langsung menawarkan produknya untuk dicicipi oleh mantan Bupati Sinjai periode 2018-2023 ini.

“Barusan lagi pasar ini bisa lebih ramai dan berkembang. Saya harap kalau Pak Seto terpilih jadi Wali Kota fasilitasnya juga perlu diperbaiki agar lebih nyaman lagi,” kata Wulan.

Kedatangan calon Wali Kota Makassar pemilik nomor urut 2 ini tak hanya disambut oleh para pedagang, tetapi juga oleh pengunjung. Banyak dari mereka berharap calon pemimpin baru dapat membawa perubahan yang berarti bagi perkembangan ekonomi lokal.

“Minggu lalu Ibu Rezki datang kesini, ini Pak Seto lagi. Makin tambah ramai mi pasar,” sahut Abdul Al Hakam, penjual jus minuman yang sempat diborong juga dagangannya oleh Seto.

Sementara itu, Andi Seto Asapa mengaku kehadirannya ditengah-tengah keramaian Pasar Cidu, apalagi dalam suasana kampanye, tentu menambah semarak dan optimisme di kalangan pelaku UMKM dan pengunjung.

Dirinya menegaskan komitmennya untuk memajukan pelaku UMKM lokal, yang dianggapnya sebagai pilar penting dalam perekonomian kota Makassar.

Seto juga menekankan pentingnya mendukung UMKM agar mampu bersaing dan berkembang. Salah satu program unggulan Sehati adalah menyediakan akses permodalan yang lebih mudah bagi para pelaku usaha serta membuka pelatihan berbasis RW.

“Tentu ini sangat selaras dengan program kami yaitu nyaman dalam berwirausaha dan bekerja, kita ingin semua pelaku UMKM di Kota Makassar nyaman berusaha,” ujarnya.

Tak hanya menyampaikan programnya, Seto juga mencoba beberapa hidangan yang ditawarkan pedagang pasar. Ia terlihat akrab berbincang dengan penjual sambil mencicipi jajanan lokal, sebuah momen yang disambut hangat oleh masyarakat.

Kunjungan ini menambah keyakinan banyak pedagang bahwa pasangan Seto-Rezki sangat serius memperhatikan UMKM dan potensi pasar tradisional sebagai roda penggerak ekonomi kota.

Dengan program yang dijanjikan, banyak yang berharap perubahan besar akan terjadi, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan pelaku usaha kecil di Kota Makassar.