Beranda Makassar Prodi PPI FT UNM Sambut Mahasiswa Baru Angkatan II Lewat Kuliah Umum...

Prodi PPI FT UNM Sambut Mahasiswa Baru Angkatan II Lewat Kuliah Umum Perdana

HERALDMAKASSAR – Prodi Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) menggelar Kuliah Umum yang dirangkaikan kuliah perdana Mahasiswa Baru Angkatan II secara hybrid di Aula Dekanat FT UNM dan Zoom Meeting, Selasa (1/10/2024).

Dalam kuliah umum ini PPI FT UNM mengangkat tema Sertifikasi Profesi Insinyur dan Prospek Karir Insinyur Profesional di Era Society 5.0 menghadirkan narasumber Praktisi Industri dan Ketua Badan Kejuruan Teknik Industri (BKTI) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Ir. Faizal Safa, S.T., M.Sc., IPU., ASEAN Eng., ACPE dan Wakil Ketua PII Cabang Makassar Dr. Eng. Ir. Ilham Bakri, S.T., M.Sc., IPM., ASEAN Eng  dan dipandu oleh Dr. Eng. Ir. Jumadi Parenreng, S.ST., M.Kom., IPM. Sebagai moderator.

Rektor UNM yang diwakili Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Syaharuddin, M.Kes menyampaikan apresiasi kepada Prodi PPI FT UNM atas pelaksanaan kuliah umum. Hal ini merupakan trend positif Prodi PPI yang mulai berdiri sejak Desember 2023.

“Kita akan mendorong kerjasama dengan Industri/instansiagar karyawan mereka dapat melanjutkan kuliah profesi insinyur di UNM untuk mendukung akselerasi jumlah insinyur yang kompeten di tanah air,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik UNM, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin, M.P., IPM dalam sambutannya mendorong dosen FT dan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat profesi insinyur sebagai amanah dari UU No 11 tahun 2014 agar setiap insinyur yang akan bekerja memiliki sertifikat Insinyur Profesional.

Prodi PPI FT UNM menjadi pilihan untuk melanjutkan studi profesi Insinyur, salah satu capaiannya telah menghasilkan lulusan Angkatan I pada periode September 2024 berjumlah 15 orang.

Diakhir sesi kuliah umum, Ketua Prodi PPI UNM Ir. Muhammad Farid, S.Pd., M.T., Ph.D., IPM., ASEAN Eng memaparkan tentang mekanisme perkuliahan yang akan jalankan mahasiswa baru melalui Jalur RPL (1 semester) dan Jalur Reguler (2 semester).

Jumlah mahasiswa Angkatan II berjumlah 27 mahasiswa yang terdiri dari 21 Jalur pembelajaran RPL dan 6 Jalur pembelajaran reguler.

Dengan dukungan SDM berjumlah 31 orang dengan kualifikasi Insinyur Profesional Utama (IPU) 5 orang dan Insinyur Profesional Madya (IPM) 26 orang, 5 orang telah berkualifikasi ASEAN Engineer, dan 9 orang dengan jabatan fungsional Profesor.

“Prodi PPI FT UNM senantiasa memberi layanan terbaik bagi mahasiswa hingga menyelesaikan studinya.  Insya Allah kami akan membuka pendaftaran Angkatan III pada bulan Oktober 2024,” ungkapnya.

Ketua Panitia Dr. Eng. Ir. Abdul Wahid, S.T., M.Kom., IPM. Menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berkonstribusi dalam kegiatan ini. (*)