Beranda Sulsel Kalkulasi Kekuatan Politik Andalan Hati di Pilgub Sulsel Lebih Kuasai Semua Dapil...

Kalkulasi Kekuatan Politik Andalan Hati di Pilgub Sulsel Lebih Kuasai Semua Dapil Dibanding Danny-Azhar

Pasangan Andi Sudiman Sulaiman-Fatmawati Rusdi dapat nomor urut 2

HERALDMAKASSAR – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nomor 02, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati), menurut berbagai hasil survei unggul telak dari paslon pesaing Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Azhar Arsyad (DIA).

Secara kalkulasi politik di 24 kabupaten/kota yang terbagi dalam 3 dapil, pasangan Andalan Hati unggul di 23 kabupaten/kota dan hanya kalah di Kota Makassar yang merupakan basis paslon DIA.

Maklum saja, Danny Pomanto tak lain petahana wali kota makassar dua periode. Meski begitu menurut survei SSI, DIA hanya unggul tipis dari Andalan Hati, yakni 50% dan 39,23%.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Armin mengatakan, jika melihat peta politik mutakhir, Andi Sudirman menguasai wilayah Dapil 2 yang meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Maros, Pangkep, Barru, dan Parepare.

Sementara Fatmawati Rusdi menguasai Dapil 3, yakni Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

“Bahkan jangan lupa, Fatmawati terpilih di DPR di Dapil 1 (Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar). Jadi wajar saja jika Andalan Hati surveinya tinggi,” kata Prof Armin, di Makassar, Rabu (25/9/2024).

Ia mengatakan, sejauh ini pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi sudah unggul jauh dan besar peluang memenangkan pertarungan Pilgub Sulsel.

“Kalau populasi dan penarikan sampel sudah benar, berarti sangat besar peluang Andi Sudirman menang dalam Pilkada,” katanya.

Hal senada diungkapkan pengamat politik Univeristas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Rhesa, bahwa hasil survei lembaga politik sangat rasional dengan apa yang terjadi di masyarakat.

“Elektabilitas Andi Sudirman tinggi, saya kira itu rasional karena dia sudah punya tingkat keterkenalan sebelumnya sebagai gubernur. Dan selama itu juga relatif tidak ada kontroversi yang dikeluarkan di masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi bisa dikatakan sebagai figur yang memiliki modal elektoral kuat.

“Fatmawati Rusdi punya basis di Ajatappareng seperti Kabupaten Sidrap, Pinrang, Parepare serta Dapil 3 Sulsel yang merupakan basis dari suami Fatma yakni Rusdi Masse (mantan Bupati Sidrap dua periode),” tuturnya.

Rhesa juga mengingatkan bahwa Fatmawati punya basis dukungan kuat di Dapil 1 setelah menang Pemilu Legislatif 2024 di Dapil 1.

“Terlebih lagi Fatma terpilih di Dapil 1. Sementara di Dapil 2 kan basis Andi Sudirman, terutama Kabupaten Bone,” tandas Rhesa. (*)