Beranda Makassar Tular Nalar dan UPT Layanan Bimbingan dan Konseling UNM Gelar Sekolah Kebangsaan

Tular Nalar dan UPT Layanan Bimbingan dan Konseling UNM Gelar Sekolah Kebangsaan

HERALDMAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Tular Nalar, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar Sekolah Kebangsaan di Gedung Menara Pinisi UNM, Senin (26/8/2024).

Tular Nalar sendiri merupakan platform pembelajaran daring yang berfokus pada peningkatan kemampuan masyarakat untuk mengenali dan mengatasi hoaks melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

Kegiatan yang mengangkat tema “Sikola Panrita: Maccaki’ Mappile” melibatkan mahasiswa dari perwakilan seluruh fakultas di Universitas Negeri Makassar dengan total jumlah peserta sebanyak 110 Mahasiswa.

Fasilitator yang terlibat dalam kegiatan ini adalah dosen dan praktisi yang telah terlatih untuk berpartisipasi selama kegiatan berlangsung oleh Tular Nalar MAFINDO.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNM, Prof. Dr. Syahruddin, M. Kes. mengaku mengapresiasi kegiatan ini karena memberikan dampak positif kepada mahasiswa.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan khususnya pada mahasiswa dalam lingkup Universitas Negeri Makassar, saya kira kegiatan ini positif” kata Prof. Syahruddin.

Sementara itu, Ketua UPT Layanan Bimbingan dan Konseling UNM, Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd mengatakan program ini telah berkembang menjadi tular nalar 3.0.

Menurutnya, fokus utama dari program ini adalah menjangkau para anak muda sebagai pemilih pemula. Diharapkan, kata dia, setelah mereka berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat langsung menerapkan pengalaman.

“Bahkan bisa berbagi pengalaman dengan teman lainnya, itu yang tentu sangat kita harapkan agar pola positif ini terus berjejaring,” kata Prof. Farida.

Pada kegiatan refleksi para mahasiswa mengaku mengalami peningkatan pengetahuan terutama cara memilih pemimpin dengan hati nurani dan logika, tidak percaya berita hoax, dan tidak mudah terprovokator.

Diketahui, MAFINdo merupakan organisasi nirlaba yang didukung oleh Love Frankie dan Google.org sejak 2016 yang berkomitmen melawan misinformasi dan hoaks dengan memiliki lebih dari 95.000 anggota online dan 1.000 sukarelawan yang melibatkan first-time voters pre-lansia, dan lansia. (*/rls)