Beranda Politik Di Era Andi Sudirman Sulaiman, Siswa Sulsel Terbanyak Kelima Nasional Diterima PTN

Di Era Andi Sudirman Sulaiman, Siswa Sulsel Terbanyak Kelima Nasional Diterima PTN

Andi Sudirman Sulaiman

HERALDMAKASSAR – Prestasi bidang pendidikan Sulsel di era kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, periode 2021-2023, sangat membanggakan. Pada tahun 2023, tercatat para siswa Sulsel yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbanyak kelima di Indonesia.

Sulsel masuk ururtan kelima setelah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. Prestasi tahun 2023 meningkat dibanding tahun 2022, di mana Sulsel berada di peringkat enam.

Total siswa asal Sulsel yang diterima PTN melalui jalur UTBK SBNT 2023 yaitu 10.994 siswa dari jumlah 33.212 pendaftar, atau 33,10%. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022,  yaitu 8.902 siswa atau 25,36%.

Prestasi sangat membanggakan itu menunjukkan bahwa Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mampu meningkatkan mutu pendidikan di Sulsel.

Program unggulan Smart School, yang salah satu turunannya adalah pembelajaran skolastik dan video bimbel persiapan UTBK, sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas anak didik.

Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, Dr Adi Suryadi Culla, mengapresiasi capaian prestasi yang diraih Sulsel di bidang pendidikan.

Menurutnya, tingkat kelulusan siswa di PTN memang menjadi indikator keberhasilan tata kelola pendidikan di tingkat SMA maupun SMK.

“Kenapa itu menjadi indikator? Karena kompetisi untuk masuk ke PTN ketat sekali. Sehingga apabila berhasil, maka merupakan prestasi membanggakan. Bisa menjadi ukuran mutu setiap sekolah,” katanya.

Menurut Suryadi, Pemprov Sulsel pada tahun 2023, tepatnya di era Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, memang berhasil menunjukkan mutu pendidikan yang sangat bagus.

“Andi Sudirman menjadikannya (peningkatan mutu pendidikan) sebagai prioritas. Itu catatan yang patut diapreaiasi karena menunjukkan perhatian yang serius dari pemprov. Andi Sudirman bahkan memberi target kepada seluruh sekolah untuk berlomba, sekolah mana yang paling banyak bisa memasukkan lulusannya ke PTN,” bebernya.

Berkat adanya target itu, setiap kepala sekolah segera mencanangkan berbagai macam program untuk memotivasi siswanya agar masuk PTN. Salah satunya yang ketika itu sangat mengejutkan, adalah digelarnya bimbingan belajar di setiap sekolah.

“Nah ketika itu, begitu diberi target oleh Gubernur, setiap sekolah menjalankannya secara internal. Masing-masing kepala sekolah secara kreatif memfasilitasi siswanya supaya mendapat bimbingan belajar yang serius. Karena mengharapkan siswa lulus, tentu hanya bisa diwujudkan jika memang dipersiapkan,” jelasnya.

Akademisi Universitas Hasanuddin ini pun menandaskan, menjalankan pemerintahan dengan pendidikan sebagai salah satu prioritas harus terus dilanjutkan.

“Tentu kalau kita ingin tahun-tahun selanjutnya siswa Sulsel semakin banyak lulus di PTN, apa yang dikerjakan Gubernur Andi Sudirman harus dilanjutkan,” pungkasnya.

Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Transformasi SDM Pendidikan

Tidak hanya itu, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman juga menerima penghargaan ‘Pemerintah Daerah Transformatif Tingkat Provinsi untuk Subkategori Transformasi SDM Pendidikan’ dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim pada acara Anugerah Merdeka Belajar 2023, di Gedung Trimurti, Prambanan Yogyakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Pemprov Sulsel dianggap peduli pendidikan. Berbagai terobosan dilakukan, di antaranya pengangkatan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terbesar di Indonesia.

Atas komitmen itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) juga memberikan penghargaan. (*)