Beranda Politik Survei Terbaru Jelang Pendaftaran Pilwali Makassar: Appi-Aliyah Unggul Telak dari Paslon Lain

Survei Terbaru Jelang Pendaftaran Pilwali Makassar: Appi-Aliyah Unggul Telak dari Paslon Lain

HERALDMAKASSAR – Lembaga survei Parameter Publik Indonesia (PPI) mencatat elektabilitas pasangan calon menjelang pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar sudah mulai terlihat.

Parameter melakukan survei dan riset tiga pekan menjelang pendaftaran Pilwali Makassar pada 27 Agustus 2024, dengan mengukur tiga pasangan calon.

Dalam survei tersebut, melibatkan 440 responden di kota Makassar dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Survei ini dilakukan pada tanggal 25-31 Juli 2024. Undecided voters atau yang belum menentukan pilihan sebesar 20,1 persen, dengan margin of error kurang lebih 4,8 persen.

Hasilnya, pasangan Munafri Arifuddin -Aliyah Mustika Ilham (Appi-Aliyah) berada diposisi puncak dengan angka elektabilitas 44,2 persen.

Kemudian disusul pasangan Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi Amir Uskara (Indira-Ilham) diangka 28,0 persen.

Sementara diurutan ketiga, ada pasangan Andi Seto Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi (Seto-Rezki) dengan angka hanya 7,7 persen.

Direktur Eksekutif PPI, Ras MD mengatakan posisi elektoral pasangan calon saat ini ditempati oleh Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham.

“Jadi selisih jauh antara pasangan Munafri-Aliyah dan Indira-Ilham itu berada di angka 16,2 persen. Ini survei kami lakukan secara terbuka ke masyarakat,” ungkap Ras MD dalam konferensi persnya di Hotel Mercure Makassar, Rabu (7/8/2024).

Ras MD menuturkan tingkat kefiguran Appi dan Aliyah yang mendongkrak elektabilitas keduanya, sehingga masyarakat percaya terhadap pasangan tersebut.

“Pak Munafri Arifuddin memimpin dengan tingkat elektabilitas terbuka maupun tertutup karena sosok kefiguran serta jualan program yang sudah pengalaman maju sebagai kandidat calon di Makassar,” tuturnya.

“Pertama, beliau punya rekam investasi politik yang panjang dihampir semua momentum politik di Makassar tidak pernah absen, seperti di Pilwali 2018, Pilwali 2020 dan Pileg 2024,” tambah Ras MD.

Bahkan, kata Ras MD, tingkat pengenalan Appi saat ini mencapai 88,4 persen di masyarakat. Menunjukkan posisi popularitas Appi sudah sangat tinggi dan dikenal oleh siapa saja di Makassar.

“Begitu juga tingkat kefiguran calon wakil yang makin menguat, diurutan pertama ada nama Aliyah Mustika Ilham dengan posisi pertama mengalahkan semua figur yang muncul belakangan ini,” jelasnya.