Beranda Makassar Kukuhkan 3 Guru Besar FIP FT dan FBS, Rektor UNM: Profesor Harus...

Kukuhkan 3 Guru Besar FIP FT dan FBS, Rektor UNM: Profesor Harus Memotivasi dan Menjadi Inspiring

HERALDMAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Karta Jayadi kembali mengukuhkan tiga guru besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Fakultas Teknik (FT), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS).

Mereka yang dikukuhkan ialah Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dari FIP, Prof. Dr. Hendra Jaya, S.Pd., MT dari FT dan Prof. Iskandar, S,.Pd., M.Pd., Ph.D dari FBS.

Pengukuhan ketiga guru besar atau pemberian gelar profesor dalam sidang terbuka luar biasa berlangsung di Ballroom Teater lantai 3 Pinisi UNM, Kamis (25/7/2024).

Rektor UNM, Prof Karta Jayadi dalam sambutannya mengatakan pengukuhan ketiga guru besar hari ini mencatatkan sejarah sebagai penanda momentum Dies Natalis UNM ke 63.

“Kemarin kita mengukuhkan 6 profesor dan hari ini 3 orang. Ini menandai Dies Natalis UNM ke 63 tahun, sejarah yang melekat dan tidak akan pernah terhapus dalam catatan kita sepanjang masa,” ujarnya.

Mantan Dekan Fakultas Seni dan Desain ini juga menyampaikan tidak ada maknanya gelar sebagai profesor jika tidak mampu memantik orang lain dan memberikan ide kreatif ke masyarakat.

“Jangan ada waktu yang terlewatkan dari kita. Ketiga guru besar hari ini adalah inspiring. Jangan pernah mengandalkan orang tua dan status besar, buatlah mereka tertawa dan mengangguk bahwa ide dan pikiran kita betul-betul bisa dipercaya,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Prof Karta, orasi dari guru besar yang dikukuhkan hari ini sangat luar biasa karena kisah hidup mereka bisa memotivasi civitas akademika UNM yang hadir.

“Ini luar biasa dua hari berturut-turut karena menjadi penanda waktu memberikan kontribusi kepada peringatan Dies natalis UNM dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan perguruan tinggi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, ketiga guru besar yang dikukuhkan sebelumnya menyampaikan orasi ilmiah dengan judul penelitian dari bidang keilmuan masing-masing:

1. Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dengan Judul Orasi: Eksistensi dan Urgensi Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Perencanaan Karir Generasi Z di Era Digital.

2. Prof. Iskandar, S,.Pd., M.Pd., Ph.D dengan Judul Orasi: Membangun Harmoni Melalui Komunikasi Asertif dalam Bingkai Budaya Kolektivistik.

3. Prof. Dr. Hendra Jaya, S.Pd., MT dengan Judul Orasi: Inovasi Pembelajaran Praktikum Berbasis Virtual Sebagai Strategi untuk Mencapai Era Keemasan UNM yang Unggul dan Adaptif Terhadap Perubahan Zaman. (*)