Beranda Makassar UNM Gelar Seminar Nasional Kurikulum Sambut Dies Natalis ke-63

UNM Gelar Seminar Nasional Kurikulum Sambut Dies Natalis ke-63

HERALDMAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional Kurikulum Pendidikan Tinggi dalam rangka Dies Natalis ke 63 UNM, yang digelar di Hall Pascasarjana UNM, Kamis (11/7/24).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNM, Prof Karta Jayadi dengan menghadirkan narasumber Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Prof Sri Suning Kusumawardani dan Wakil 1 Rektor bidang Akademik UNM yang juga Prof Hasnawi Haris.

Dalam sambutannya, Prof Karta Jayadi mengatakan kurikulum sebagai perangkat, rencana dan pengaturan yang digunakan dalam penyelenggaraan pembelajaran harus menjadi standar bersama bagaimana kurikulum akan berjalan sesuai dengan kebutuhan.

“Sengaja kita hadirkan semua ini agar kurikulum sebagai salah satu basic pengembangan ilmu menjadi tumpuan harapan kita untuk menjadi standarisasi secara nasional terhadap bidang-bidang studi tertentu,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan sebagai upaya menyamakan persepsi sehingga sampai pada penyamaan persepsi terhadap standarisasi kurikulum sacara nasional.

“Jadi kalau ada lulusan yg selesai di kampus manapun itu secara substantif sama. Mengacu pada kurikulum nasional meskipun didalamnya juga ada kurikulum lokal tertentu yang dikembangkan masing-masing perguruan tinggi,“ jelasnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta dalam hal ini dosen, ketua prodi dan pimpinan mengikuti kegiatan ini dalam upaya menyamakan persepsi terkait penyusunan kurikulum yang terstandarisasi secara nasional.

“Sengaja kita undang ibu Direktur supaya tingkat keabsahan pada akhirnya akan sampe gaungnya, penyamaan persepsi nilai kurikulum yang khas UNM. Saya berharap para kaprodi, jurusan tetap memberi dukungan dalam rangka pengembangan kurikulum,” harapnya. (*)