Beranda Makassar Kukuhkan Ribuan Wisudawan PPG, Rektor UNM: Presentasi Kelulusan Terus Meningkat

Kukuhkan Ribuan Wisudawan PPG, Rektor UNM: Presentasi Kelulusan Terus Meningkat

HERALDMAKASSAR – Sebanyak 2.123 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode Juli 2024 tahun akademik 2023/2024 resmi di wisuda dan disumpah.

Pada wisuda dan pengambilan sumpah PPG tahun ini diikuti secara luring sebanyak 1.305 dan via daring 818 orang yang berlangsung di Pelataran Gedung Pinisi UNM, Rabu (10/7/2024).

Pada kesempatan tersebut, turut dihadiri oleh Koord Pokja PPG Dalam Jabatan Direktorat PPG, Neneng Heryati dan Guru besar Universitas 17 Agustus Jakarta, Prof Siti Nur Azizah Ma’ruf Amin untuk memberikan testimoni wisuda.

Rektor UNM, Prof Karta Jayadi dalam pidatonya menyampaikan presentasi kelulusan mahasiswa PPG UNM tiap tahun mengalami pencapaian peningkatan yang luar biasa.

“Jadi lulusan sebesar 95,56 persen itu di tahun 2023, kemudian di tahun 2022 turun sedikit menjadi 82,7 persen, di tahun 2021 memang ada trend hanya 78,24 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, presentasi kelulusan mencerminkan kualitas dan kelulusan bagi guru lulusan PPG bagaimana kegesitan dan keuletan dalam bekerja secara profesional.

“Melihat angka tersebut tentu kerjasama yang baik antara penyelenggara PPG dengan saudara-saudara antar guru yang bertebaran di seluruh nusantara mempunyai tanggungjawab yang sama,” ujarnya.

Terlebih, kata Prof Karta Jayadi, gelar Gr atau guru profesional yang sudah disematkan kepada mahasiswa lulusan PPG mempunyai tanggungjawab yang besar dalam menentukan masa depan anak bangsa.

“Gelar Gr dibelakang nama saudara tentu berat, meskipun kita banggakan, karena itu kita harus mampu berinteraksi dengan seluruh stakeholder dan siswa yang menjadi inspirasi di sekolah masing-masing,” terangnya.

“Oleh karena itu atas nama pribadi dan civitas akademika Universitas Negeri Makassar saya ucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan kepada seluruh wisudawan PPG,” tambah guru besar antropologi seni ini.