Beranda Politik Edukasi Warga Manggala Cara Kelola Limbah Domestik, Appi: Iuran Sampah Kita Gratiskan

Edukasi Warga Manggala Cara Kelola Limbah Domestik, Appi: Iuran Sampah Kita Gratiskan

HERALDMAKASSAR – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin alias Appi menyapa warga di Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Selasa, (9/7/2024).

Di sana, Ketua Partai Golkar Makassar ini menjanjikan iuran sampah gratis kepada warga untuk beberapa wilayah.

“Iuran sampah gratis ini akan kita lakukan di beberapa wilayah Kota Makassar nantinya. Karena iuran itukan menjadi beban rumah tangga,” kata Appi.

Menurutnya, dengan digratiskannya iuran sampah ini, secara otomatis uang yang sebelumnya digunakan untuk iuran sampah bisa dialihkan ke kebutuhan yang lain.

Lebih lanjut kata dia, jika sampah ini dikelola dengan baik, bukan cuman gratis bahkan sampah ini bisa mendatangkan income (pendapatan).

Dengan begitu, harus ada pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga sampah atau limbah domestik sudah terpilah dari rumah tangga.

“Itu harus dikelola dengan unit kegiatan yang ada di setiap kelurahan seperti itu. Sumber income itulah nanti yang akan dipakai membiayai kegiatan proses sampah ini,” tuturnya.

Dia mencontohkan beberapa negara maju tidak lagi menjadikan sampah sebagai polemik. Waste to energy adalah proses menghasilkan energi dalam bentuk panas atau listrik dari sampah.

“Tapi sampah ini bahkan sudah dipakai dengan berbagai macam teknologi ada waste to energy dan sebagainya. Ini yang harus kita menuju kesana gitu bagaimana sistem pengelolaannya bagaimana sistem manajerialnya, ini yang harus kita bangun,” tandasnya.

Salah satu warga Bangkala Kecamatan Manggala, Sajia mengaku mengeluhkan iuran sampah yang dibayar hingga 25 ribu per bulan.

“Kami sangat senang jika ada program iuran sampah gratis ditawarkan seperti ini. Setidaknya bisa mengurangi beban,” tandasnya. (*)