Beranda Makassar 5.272 Calon Maba UNM Ikuti Tes Jalur Mandiri, Catat Alur dan Proses...

5.272 Calon Maba UNM Ikuti Tes Jalur Mandiri, Catat Alur dan Proses Pelaksanaannya

HERALDMAKASSAR – Ujian seleksi jalur mandiri atau jalur terakhir di Universitas Negeri Makassar (UNM) saat ini tengah berlangsung mulai tanggal 2 sampai 3 Juli 2024.

Sebanyak 5.272 calon mahasiswa baru mengikuti seleksi jalur mandiri yang berlangsung di Menara Pinisi dan beberapa fakultas di UNM. Sementara jumlah mahasiswa yang akan diterima sebanyak 3.469 orang.

Rektor UNM, Prof Karta Jayadi bersama Wakil Rektor, para Dekan dan panitia UTBK jalur mandiri memantau langsung pelaksanaan ujian seleksi.

“Dari tahun ke tahun memang trendnya sama seperti itu, jumlah mahasiswa yang kita terima rata-rata sama dalam beberapa tahun terakhir,” kata Prof Karta Jayadi di Menara Pinisi UNM, Selasa (2/7/2024).

Prof Karta Jayadi berharap proses seleksi jalur mandiri tahun ini berjalan sesuai rencana, tertib, aman tanpa hambatan.

“Harapan kita semua pimpinan unit kerja di UNM bisa maksimal mengawal proses ini, sehingga bisa berjalan dengan baik,” tukas guru besar antropologi seni ini.

Sementara itu, Ketua Panitia UTBK Jalur Mandiri UNM Tahun 2024, Prof Suwardi Annas menyampaikan progres teknis di lapangan sampai saat ini masih berjalan kondusif.

Adapun 10 program studi favorit di jalur mandiri yakni Prodi Manajemen, PGSD (Kampus Makassar), Psikologi, Penjaskesrek, Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, Teknik Komputer, Bimbingan dan Konseling, Akuntansi, Administrasi Kesehatan dan Gizi.

Sebagai informasi, pelaksanaan seleksi jalur Mandiri ini terbagi dalam beberapa kategori diantaranya, jalur ujian tulis reguler, jalur prestasi (juara dan hafidz) dan jalur khusus Prodi Kedokteran.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur mandiri yang dinyatakan lulus seleksi rencananya akan diumumkan pada 12 Juli 2024 melalui Laman http://pengumuman.unm.ac.id/

Secara keseluruhan, penerima mahasiswa baru (PMB) di UNM berjumlah 11.424 orang yang terbagi dalam tiga jalur. Pertama jalur SNBP sebanyak 3.354, jalur SNBT 4.593 orang dan terakhir jalur Mandiri 3.469 orang.