Beranda Sulsel Pj Gubernur Sulsel Takjub Lihat Industri Harapan Brands, Dorong Serapan Produksi Lokal...

Pj Gubernur Sulsel Takjub Lihat Industri Harapan Brands, Dorong Serapan Produksi Lokal Lebih Besar

HERALDMAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan ke pabrik dan kantor utama PT Harapan Jaya Multi Bisnis atau dikenal Harapan Brands di Jalan Pattene 88, Kelurahan Pabbentengan, Kabupaten Maros, Kamis (16/5/2024).

Harapan Brands merupakan perusahaan manufaktur dan perdagangan sejak tahun 1996. Produknya mulai dari yang berbahan fiberglass seperti pipa PVC dan pipa HDPE, sampai produk olahan berbahan galvalum dan galvanis seperti baja ringan dan spandek.

Dalam kunjungan itu, Bahtiar berkeliling meninjau bagaimana pipa PVC dan pipa HDPE dibuat. Dari mulai bahan mentah berbentuk granul hingga proses blending. Ia juga melihat beragam mesin ekstrusi yang membentuk pipa menjadi beragam ukuran.

Bahtiar tampak sesekali bertanya kepada Apiu Darmanto, Founder dan President Director Harapan Brands yang mendampinginya dalam tour tersebut. Pertanyaan beragam, dari hal-hal teknis, pasar, hingga tenaga kerja.

“Ternyata yang begini sudah ada di Sulsel. Jadi tak usah jauh-jauh ke Jawa. Yang dari Indonesia Timur, Kalimantan, ke sini saja, dibanding ke daerah lain. (Di sini) jauh lebih murah dan memiliki kualitas dengan standar tinggi,” ujar Bahtiar.

Dalam kunjungannya, Bahtiar mengundang pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten/kota. Tujuannya, memperlihatkan bahwa di Sulsel ada pabrik yang memproduksi bahan pembangunan proyek infrastruktur berkualitas.

Oleh karena itu, dia mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar memanfaatkan produksi perusahaan-perusahaan lokal untuk proyek infrastruktur pembangunan. Sehingga tak perlu lagi jauh ke luar daerah mencari. Selain karena harganya lebih terjangkau, juga kualitasnya yang dia yakini bersaing.

“Sengaja saya hari ini mengajak teman-teman PU, bahwa di Pattene ada pabrik seperti ini. Jadi silakan akses di sini, pasti biayanya lebih murah,” kata Pj Gubernur.

“Saya dorong memanfaatkan produksi di sini, karena menyerap banyak sekali tenaga kerja. Kalau pabrik ini berproduksi, tenaga kerjanya banyak warga kita. Kita dorong masyarakat memanfaatkan ini,” sambungnya.

Dalam pertemuan itu, Pj Gubernur bersama pihak Harapan Brands juga membangun komunikasi untuk menggagas bioflok. Sebab selama ini biaya produksi fasilitas ini cukup mahal karena materialnya berasal dari luar Sulsel.

Founder dan President Director Harapan Brands, Apiu Darmanto menjelaskan bahwa selama ini perusahannya terus mendukung pembangunan infrastruktur di daerah dengan menghadirkan produk berkualitas.

“Kita mendukung pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan,” tegas Apiu.

Apiu menjelaskan, produk yang diproduksi Harapan Brands teruji kualitasnya. Bahkan untuk pipa HDPE atau High Density Polyethylene, produksi Harapan Brands memiliki TKDN atau nilai isian dalam persentase dari komponen produksi dalam negeri tertinggi se-Indonesia.

“Pipa HDPE kita satu-satunya di Indonesia tengah dan timur, dengan tingkat TKDN tertinggi di seluruh Indonesia, nilainya 51,31 Merek terkenal lain masih di bawah 50,” beber Apiu.

 

Apiu berharap, kedatangan Pj Gubernur Sulsel bersama jajaran pejabat Dinas Pekerjaan Umum di Harapan Brands bisa mendorong serapan produksi lokal lebih besar.

“Harapannya nanti semua kabupaten kota se-Sulsel, melihat bahwa di Sulsel ada pabrik. Jadi tidak perlu jauh-jauh ngambil sampai Jawa, kita di sini ada, pekerjanya putra-putri daerah,” pungkas Apiu.

Setelah melihat pabrik dan gudang produksi pipa, Pj Gubernur juga melihat langsung pabrik baja ringan dan spandek di seberang jalan. Perusahaan itu juga berada di bawah pimpinan Apiu.

Usai meninjau, Bahtiar Baharuddin mengaku takjub dengan proses pembuatan pipa di sini. Ia tak pernah menyangka bahwa di Sulsel, khususnya Maros ada pabrik dan pergudangan yang memproduksi bahan bangunan berkualitas seperti pipa. (*)