Beranda Makassar Rektor UNM Dorong Para Dosen Peneliti Kembangkan Hasil Pengabdian untuk Dihilirisasi

Rektor UNM Dorong Para Dosen Peneliti Kembangkan Hasil Pengabdian untuk Dihilirisasi

HERALDMAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar menggelar Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2023.

Mengangkat tema “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti dan Pengabdi di Era 5.0”, kegiatan tersebut diselenggarakan di Ballroom Teater Lantai 3 Gedung Pinisi UNM selama dua hari pada tanggal 4-5 November 2023.

LP2M UNM juga turut menghadirkan narasumber diantaranya Prof Wisnu Cahyo dari UGM dan Prof Okid Prama Astirin selaku Ketua LPPM UNS Surakarta, serta kurang lebih 500 peserta sebagai pemakalah yang terdiri dari para Dosen Peneliti dan Pengabdi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Ketua LP2M UNM, Prof Bakhrani Rauf dalam laporannya mengatakan seminar hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mempublikasikan dan mendiseminasi, sehingga dapat memberikan solusi terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

“Seminar ini merupakan upaya memfasilitasi para peneliti dan pengabdi untuk menyampaikan secara terbuka. Dan merupakan luaran wajib dari penelitian dan pengabdian masyarakat yang pernah dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof Husain Syam menyampaikan kepada para Dosen Peneliti dan pengabdi bahwa hasil-hasil penelitian sebaiknya diteruskan, dihilirisasi, di terapkembangkan melalui pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan solusi kepada masyarakat terkait dengan masalah yang dihadapi.

Menurut PHS sapaan akrabnya, hampir semua kabupaten di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat sudah ditempati penerapan program Pengabdian kepada Masyarakat secara terpadu, sehingga UNM menghasilkan desa dan sekolah binaan dari tiap daerah di Sulsel maupun di Sulbar.

“Pelaksanaan kegiatan seminar Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini sangat tepat dilakukan karena dari sekarang sudah harus mempersiapkan proposal penelitian dan dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan tahun 2024,” ujarnya.