Beranda Makassar Meningkat, Sebanyak 73 Proposal Tim PKM UNM Lolos Tahap Pendanaan

Meningkat, Sebanyak 73 Proposal Tim PKM UNM Lolos Tahap Pendanaan

HERALDMAKASSAR – Sebanyak 73 proposal tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) lolos pendanaan PKM 2023.

Proposal yang lolos tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hanya 8 proposal yang berhasil lolos tahap pendanaan. Pencapaian ini menempatkan UNM pada peringkat 14 dengan jumlah proposal terbanyak yang lolos tahap pendanaan PKM 2023.

Total 73 proposal tersebut terdiri dari 4 proposal PKM Kewirausahaan (PKM-K), 1 proposal PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 1 proposal PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), 22 proposal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), 6 proposal PKM Riset Eksakta (PKM-RE), dan 39 proposal PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

PKM adalah suatu program yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. PKM telah berjalan selama 35 tahun sejak tahun 1988.

Diketahui, sebanyak 5102 proposal yang lolos Skema Pendanaan PKM 2023 dari 500 Universitas di Indonesia. (*)