Beranda Makassar Hima Akuntansi FEB UNM Gelar Seminar Nasional 2023

Hima Akuntansi FEB UNM Gelar Seminar Nasional 2023

HERALDMAKASSAR – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Akuntansi FEB Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional 2023 “Peren Penerapan Green Accounting dan Carbon Tax dalam Menahan Laju Krisi Iklim” di Convention Hall FIP UNM, Rabu (17/5/2023).

Seminar ini diselenggarakan agar peserta dapat memahami seberapa besar dampak krisis iklim sebagai isu global yang semakin memprihatinkan. Selain itu, seminar ini juga dijadikan sebagai wadah komunikasi antara regulator dan pelaku ekonomi serta memberikan wawasan, motivasi, dan tempat jajak pendapat bagi audiens dan speaker.

Rangkaian acara Seminar Nasional 2023 terdiri atas sambutan dari Ketua Umum Hima Aksi FE UNM Periode 2022-2023 Muhammad Bintang Pradito, sambutan Ketua Umum Dema AK FE UNM Periode 2022-2023 Ajib Prajumarse, sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNM M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA., sambutan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. H. Thamrin Tahir, M.Si. sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini, penerimaan materi, serta sesi tanya jawab.

Kegiatan ini diikuti sebanyak lebih dari 200 orang peserta yang telah melakukan registrasi pendaftaran yang dilakukan secara online. Selain itu, Seminar Nasional 2023 dihadiri oleh para tamu undangan dan juga masyarakat akuntansi FE UNM.

Ketua Umum Hima Aksi FE UNM Muhammad Bintang Pradito berharap agar para peserta dapat memahami dengan baik mengenai dampak maupun akibat dari krisis iklim.

“Saya harap melalui kegiatan ini semoga teman-teman paham mengenai dampak maupun akibat dari krisis iklim melalui peran Green Accounting dan Carbon Tax. Saya juga ingin berterima kasih kepada teman-teman panitia pelaksana dan panitia pengarah karena telah memberikan waktu maupun materi untuk pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional ini,” ucap Bintang panggilan akrabnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Seminar Nasional 2023 Aslam Mualdi Haerul berharap agar kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta terhadap Green Accounting dan Carbon Tax dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan saya dengan diadakannya kegiatan ini semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap Green Accounting dan Carbon Tax serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi tempat untuk ajang silaturahmi,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNM M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.SA. juga berharap agar peserta bisa memahami isi materi dengan baik dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari serta beliau berharap agar pengurus Hima Ak FE UNM bisa terus melaksanakan kegiatan positif yang serupa.

“Saya berharap agar pemahaman yang diperoleh bisa terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk pengimplementasian yang lebih dari itu adalah bagaimana terkait Green Accounting di lingkungan kampus terutama terkait dengan lingkungan yang hijau, lingkungan yang bersih, serta lingkungan yang rapi nan indah. Oleh karena itu, secara tidak langsung kita mungkin tidak melakukan Green Reporting tapi pada hakikatnya kita sudah menerapkan konsep dari Green Accounting maupun Carbon Tax ini. Saya juga berharap Hima Ak akan terus melakukan kegiatan-kegiatan berpengaruh positif kedepannya,” pungkasnya.

Citizen report: Nadia Putri Ramadani Ismail