Beranda Makassar Pimpin Upacara Hardiknas 2023, Rektor UNM: Jaga Mutu Pendidikan Kita

Pimpin Upacara Hardiknas 2023, Rektor UNM: Jaga Mutu Pendidikan Kita

HERALDMAKASSAR – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 turut diperingati keluarga besar civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM).

Bentuk peringatan dalam dunia pendidikan di Indonesia tersebut diwujudkan melalui upacara bersama di Pelataran Pinisi UNM, Selasa 2 Mei 2023.

Upacara Hardiknas yang dipimpin langsung Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN, Eng diikuti ratusan civitas akademika, para Wakil Rektor, Dekan, dosen dan tenaga kependidikan.

Dalam peringatan Hardiknas 2023 dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” seluruh peserta upacara kompak mengenakan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelum membacakan sambutan seragam Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Rektor UNM selaku pembina upacara membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara.

Dalam arahannya, Prof Husain Syam menyampaikan bahwa Hardiknas tahun ini patut berbangga karena program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sudah sukses berjalan selama tiga tahun.

“Ini merupakan refleksi dari hasil tiga tahun kita melaksanakan MBKM, patut kita merasa bangga dan berbahagia dan mencoba keluar dari kebijakan yang aturan membatasi pergerakan dalam proses belajar,” ujarnya.

Menurutnya, perguruan tinggi memiliki peran dan komitmen berpartisipasi dalam masyarakat. Misi itulah yang diwujudkan dalam rangka peringatan Hardiknas.

“Di perguruan tinggi juga mahasiswa bisa melalang buana mencari potensi diluar dari program studinya, ini persiapan kepada generasi kelak menjadi pelayan masyarakat bisa bekerja, ini yang dimaksud dalam pencapaian merdeka belajar,” ungkapnya.

Karena itulah, Guru besar di bidang pertanian ini mengajak seluruh pihak yang berpartisipasi dalam dunia pendidikan di Indonesia harus saling bahu-membahu memajukan kualitas sumber daya manusia yang unggul.

“Selayaknya di Hardiknas tahun ini benar-benar merasa patut merayakan. Inilah keistimewaan dalam proses MBKM yang sukses selama tiga tahun kita geluti di dunia pendidikan mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi,” pungkasnya.