Beranda Makassar Bahas Perda Perlindungan Guru di Sosper DPRD, Kepala Humas UNM: Guru Berhak...

Bahas Perda Perlindungan Guru di Sosper DPRD, Kepala Humas UNM: Guru Berhak Dapatkan Payung Hukum

HERALDMAKASSAR – Kepala Humas Institusi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr Burhanuddin menjadi pembicara pada Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) yang digelar Anggota DPRD Kota Makassar Nunung Dasniar, di Hotel Grand Maleo Makassar, Selasa (18/4/2023).

Pada kesempatan ini, Burhanuddin menjelaskan point’ penting yang tertuang dalam Perda nomor 5 tahun 2022 tentang Perlindungan Guru yang baru saja disahkan oleh DPRD Makassar.

Menurutnya, Perda tersebut menjadi payung hukum untuk melindungi guru dan mengedepankan pendidik secara moralitas tanpa intimidasi dan perlakuan diskriminatif dari siapapun.

“Kalau kita lihat di media sosial banyak guru sekarang yang di bully oleh siswanya, jadi beda perlakuan guru dulu dan sekarang,” papar pria yang akrab disapa Om Bur ini.

Kalau melihat fenomena saat ini, kata Burhanuddin, ada beberapa siswa yang bukannya mematuhi perintah dari gurunya. Tetapi banyak siswa yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan etika.

“Kenyataan itulah yang harus dipaparkan oleh kehidupan saat ini, bahwa guru sebagai pendidik. bukan bahan cemooh dalam hal ketika proses pembelajaran tidak maksimal,” ujarnya.

Bahkan, kata-kata kotor dan kasar kerap terjadi terhadap guru yang di lontarkan langsung oleh siswanya.

“Mengapa guru harus mendapat perlindungan? bahwa guru memiliki kinerja lebih profesional benar-benar adalah pendidik, guru adalah teladan masa depan bagi anak-anak di sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Guru merupakan motivator dalam sebuah proses belajar mengajar. Maka dari itu, Perda perlindungan terhadap guru sudah tepat melahirkan payung hukumnya.

“Dengan adanya perda ini, bisa menjadikan rasa aman dan kesejahteraan sosial bagi guru. apalagi guru merupakan profesi yang sangat mulia maka sudah sepantasnya mendapatkan perlakuan,” pungkas Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM ini.