Beranda Makassar Proses Akademik dan Organisasi Harus Jalan Beriringan, Rektor UNM: Jadi Ukuran Kesuksesan...

Proses Akademik dan Organisasi Harus Jalan Beriringan, Rektor UNM: Jadi Ukuran Kesuksesan Kampus

HERALDMAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam menyebut kesuksesan suatu perguruan tinggi ketika bisa mengelola mahasiswanya cepat menyelesaikan masa studi kurang dari empat tahun.

Begitu juga, kata Prof Husain Syam, proses organisasi yang digeluti oleh mahasiswa harus berjalan beriringan dengan proses akademik agar bisa cepat selesai.

Hal tersebut disampaikan Rektor UNM dua periode itu usai melantik sejumlah lembaga kemahasiswaan (LK) tingkat universitas di Ballroom Teather Pinisi UNM Lantai 3 beberapa hari lalu.

“Ukuran kesuksesan perguruan tinggi ketika bisa mencoba mengelola mahasiswa, jangan sampai lebih dari empat tahun selesai kuliahnya,” ujar Prof Husain Syam.

Saat ini, menurut Prof Husain, UNM sudah menerapkan akademik dengan masa studi bisa selesai cepat dengan dorongan agar mahasiswa dipermudah dalam proses penyelesaian tugas akhir.

“Sekarang mahasiswa kita sudah banyak selesai tiga tahun dua bulan, ada juga tiga tahun empat bulan, ini karena ada program MBKM (merdeka belajar kampus merdeka),” jelasnya.

Apalagi, kata dia, UNM adalah kampus yang sudah terakreditasi A sejak tahun 2017 dan sekarang terakreditasi unggul serta berada pada rangking 27 dari 4527 PTN/PTS se-Indonesia.

Prof Husain Syam menerangkan bahwa dulu proses akademik mahasiswa bisa diperpendek bagi yang sudah melewati semester 8 atau masuk di tahun kelima.

“Dulu kita mencoba memperpendek masa studi mahasiswa itu ketika tahun 2010, kita juga melahirkan mata kuliah KKN Terpadu dan KKN PPL agar mahasiswa bisa fokus diakhir,” bebernya. (*)