Beranda Makassar Ketua Umum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman Berbagi Tips Sukses Dalam Temu...

Ketua Umum IKA Unhas Andi Amran Sulaiman Berbagi Tips Sukses Dalam Temu Bisnis UMKM

HERALDMAKASSAR – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNHAS menggelar event “Temu Bisnis UMKM” yang dilaksanakan di AAS Building, jln. Urip Sumoharjo. Makassar. (28/01).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum IKA UNHAS, Andi Amran Sulaiman (AAS). Selaku CEO PT Tiran dan AAS Foundation.

Dalam kegiatan tersebut, Amran memberi semangat berbisnis bagi peserta UMKM dan para alumni yang hadir. Dan berbagi pengalamannya dari modal minus tak punya apa-apa hingga akhirnya bisa sukses memiliki usaha di sektor pertanian, produsen pestisida,usaha tambang nikel, perkebunan kelapa sawit, distributor gula, hingga tambang emas.

“Aku dulu modal nekad meminjam uang orang tua sebesar Rp500 ribu untuk memulai usaha pestisida, yakni racun tikus. Namun membangun bisnis itu tidak melulu bercerita soal kesuksesan.” Ujarnya.

Menurutnya, ada kalanya kita rugi dalam hitungan angka. Tapi kita untung dari segi pengalaman dari kerugian itu. Kita mendapat ilmu dan membuat lebih kuat menghadapi tantangan.

“Dalam bisnis itu sesungguhnya tidak ada kata rugi. Rugi hanya dalam hitung-hitungan angka. Tapi kita mendapat ilmu dari pengalaman itu. Jangan menyerah dan kendalikan kelemahan yang ada dalam pikiran kita.” Pesannya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa pengusaha itu harus berani menghadapi tantangan. Misal menjual aset atau mengambil kredit permodalan di bank untuk meningkatkan keuntungan. Tapi yang terpenting menurutnya harus amanah, pelihara adab, hilangkan keraguan dan ketakutan. Fokus pada tujuan yang ingin diraih.

“Yang paling penting dalam berbisnis adalah jangan pernah sakiti hati orang tuamu. Tidak akan ada keberkahan yang akan kalian peroleh,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, kakak dari Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan dalam waktu dekat berbagi ilmu dan pengalamannya ini tidak berhenti begitu saja. Ia berencana akan menggelar berbagai pertemuan lainnya untuk menfangkat derajat para pelaku bisnis agar bisa naik kelas.

“Kami akan melakukan pelatihan gratis. Tutor kami undang tingkat nasional dan internasional. Yang tanggung semua AAS Fondation dan kita latih mereka agar ikut sukses,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Temu Bisnis UMKM ini diikuti oleh sejumlah pelaku usaha dari berbagai daerah di Provinsi Sulsel. Dengan tujuan berbagi tips dalam membangun jaringan baik secara nasional maupun secara internasional yang nantinya berkelanjutan pada tanggal 04 Februari 2023 mendatang.

Turut hadir, pimpinan Bank BRI Cabang Panakukang, sekda Sulbar, muhammad Idris, ketua DPD Asosiasi Perusahaan Pengekspor Sulsel, Arief Pabbetengi, Sekdis Perdagangan Provinsi Sulsel, Indra Jaya, Sekdis Koperasi dan UKM Sulsel Andi Isma, serta Sekjen PP IKA Unhas Prof Yusran Jusuf beserta seluruh pengurus IKA Unhas. (*)