Beranda Makassar Ramli Rasjid Resmi Sandang Gelar Doktor, Rektor UNM: Beliau Mampu Bangun Relasi...

Ramli Rasjid Resmi Sandang Gelar Doktor, Rektor UNM: Beliau Mampu Bangun Relasi Kohesivitas

HERALDMAKASSAR – Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Ramli Rasjid resmi menyandang gelas doktor bidang ilmu sosiologi setelah mengikuti sidang promosi doktor, di Aula Lantai 5 Gedung AD Program Pascasarjana (PPs) UNM, Kamis (29/12/2022).

Ramli Rasjid berhasil meraih doktor ke-1148 PPs UNM setelah menyelesaikan ujian promosi doktor dengan mempresentasikan disertasi yang berjudul: Kohesivitas Sosial Guru di SMK Negeri Kota Makassar.

Ramli memaparkan dalam menerapkan kompetensi sosial, guru diharapkan memiliki kemampuan interaksi sosial yang bersifat kohesif di sekolah, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam medan sosial sekolah.

Kenyataan menunjukkan terjadi berbagai kasus dan fenomena interaksi sosial yang tidak kohesif, misalnya pada hubungan antara guru dan peserta didik.

“Sebagai contoh, kasus seorang siswa tewas dipukul oleh guru, aksi kekerasan guru di sekolah, seorang guru menendang siswanya hanya karena terlambat masuk ke sekolah akibat emosi dan secara spontan,” paparnya.

Kata Ramli, di SMK Negeri 2 Makassar terjadi penganiayaan guru oleh siswa dan orang tua siswa. Dari berbagai contoh kasus tersebut, telah menunjukkan adanya interaksi sosial yang tidak kohesif pada hubungan antara guru dan siswa di sekolah.

“Hasil riset menunjukkan kompetensi sosial, interaksi sosial, dan kohesivitas sosial guru sebagaimana dipersepsi oleh rekan guru, siswa, tenaga kependidikan, dan masyarakat pada umumnya berada pada kategori sangat baik,” jelasnya.

Sedangkan proses dialektika dalam membangun kohesivitas sosial guru terintegrasi pada tiga level; individu, komunal, dan kelembagaan sekolah di SMK Negeri Kota Makassar.

Seusai menjawab klarifikasi, sanggahan, dan bantahan tim penguji, Ketua Pusat Kewirausahaan UNM dinyatakan lulus dengan memeroleh IPK 3,90 dan predikat kelulusan sangat memuaskan.

Adapun sidang ujian promosi doktor dipimpin Rektor UNM, Prof.Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. dengan anggota: Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd. selaku sekretaris, Prof. Dr. Andi Agustang, M.Si. selaku promotor, Dr. Sulaeman Samad, M.Si. selaku kopromotor, Dr. Muh. Yunus, M.Pd. selaku penguji eksternal, Prof.Dr. Thamrin Tahir, M.Si., Prof. Dr. Jumadi, S.Pd., M.Si., dan Dr. Firdaus Suhaeb, M.Si. masing-masing selaku penguji internal.

Rektor UNM dalam pesan akademik menyampaikan bahwa doktor baru telah menunjukkan kemampuan membangun relasi sosial dalam bentuk kohesivitas.

Guru Besar di bidang Teknologi Pertanian ini menegaskan bahwa Dr. A. Ramli Rasjid, S.Sos., M.Pd. merupakan figur yang telah sukses menjalin hubungan sosial di tengah masyarakat.

Karena itu, Prof Husain Syam berpesan agar Dr. A. Ramli Rasjid, S.Sos., M.Pd. terus meningkatkan kompetensi sosialnya. Selama ini, ia telah mempraktikkan kuatnya membangun relasi dan jejaring sosialnya.

“Hubungan dan relasi sosial harus dibina terus. Karena itu, pemilihan topik riset Dr. A. Ramli Rasjid, S.Sos., M.Pd. sangat tepat karena beliau telah menunjukkan kepiawaiannya dalam menjalin komunikasi sesama manusia,” ujarnya. (*)