Beranda Makassar Ramah Lingkungan, PIM Sulsel Bersama Siswa SD Al-Azhar Praktek Pembuatan Eco Enzyme

Ramah Lingkungan, PIM Sulsel Bersama Siswa SD Al-Azhar Praktek Pembuatan Eco Enzyme

HERALDMAKASSAR – Tim Peduli Lingkungan Hidup Perempuan Indonesia Maju (PIM) Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus edukasi dan praktek pembuatan eco enzyme untuk siswa-siswi SD Al-Azhar, Jalan Aroepala Hertasning Kota Makassar, Kamis (15/12/2022).

Eco enzyme merupakan produk ramah lingkungan yang mudah dibuat oleh siapapun, bahkan oleh siswa sekolah dasar sekalipun karena bahan-bahannya adalah bahan yang dekat dengan keseharian siswa.

Pembuatan eco enzyme ini hanya membutuhkan air, gula merah dan sampah kulit buah yang dikonsumsi setiap hari. Pada dasarnya eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzyme yang menjadi cairan bermanfaat.

Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju Sulsel, Ida Noer Haris yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan salah satu program unggulan di PIM adalah menjaga bumi dan lingkungan.

“Jadi di bidang lingkungan hidup selain terjun ke masyarakat, kami juga menyasar sekolah SD pada usia golden age. Sehingga penyerapan informasi dan edukasi yang kami lakukan terabsurt dengan maksimal, karena mereka inilah diharapkan menjadi pemimpin yang sadar lingkungan dan bumi,” ujarnya.

Kata Ida, pelatihan kali ini adalah pembuatan eco enzyme yang terbuat dari kulit lima macam buah yang dicampur dengan air dan gula merah dan akan difermentasi selama tiga bulan.

“Ini adalah kegiatan yang ketiga kami lakukan selama tahun 2022, nah di tahun 2023 akan merambah banyak sekolah-sekolah lagi, dan perlu ditingkatkan covereage di kota Makassar dan juga pembentukan tim internal sendiri,” ungkapnya.

Karena itu, Ida berharap kota Makassar akan semakin hijau, dan dengan adanya isu lingkungan di tahun 2023 dari hasil kemarin, tim dari lingkungan hidup PIM Sulsel merespon secara proaktif.

“Kami akan bergerak secara berkelanjutan dan sustainable sehingga hasil yang didapatkan tentunya maksimal, yang kami harapkan kepada pemerintah dan penggiat lingkungan perlu di galakkan,” katanya.

“Insya Allah di tahun 2023 akan ada fokus group diskusi di leading sektor oleh dinas lingkungan hidup dimana seluruh komunitas penggiat lingkungan akan berkumpul dan mengadakan bareng store secara serentak,” tambah Ida.

Sementara itu, Ketua Bidang Lingkungan Hidup PIM Sulsel, Mita Rachmawaty menyampaikan dalam pelatihan pembuatan eco enzyme dapat menjadi pelajaran yang bermanfaat bagi para siswa SD Al-Azhar.

“Semoga kegiatan ini menjadi amal jariyah kita dalam berkontribusi terhadap Lingkungan dengan peran aktif yang ada. Semoga semakin solid membawa perubahan yang signifikan dalam pemberdayaan alam dan masyarakat dari segala lapisan,” terangnya.

Humas PIM Sulsel, Warni Saharuddin mewartakan