Beranda Makassar KKP FPsi UNM di PIP Telah Selesai, DPL: Sangat Membantu Calon Taruna

KKP FPsi UNM di PIP Telah Selesai, DPL: Sangat Membantu Calon Taruna

HERALDMAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berjumlah 14 orang dari tiga kelompok, bersama Dosen Pembimbing Kuliah Kerja Profesi (KKP) telah melakukan penarikan di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar pada Senin (31/10) yang lalu.

Tiga kelompok KKP terdiri dari kelompok 24 Khusnul Fatimah, Dinalia Fauziah, Maghfirah Azzahra, Nur Raodatul Jannah, Asriani Makessa, Kelompok 25 Riskayanti Arif, Rindi Antika, Silviani Rindi Bunga, Rezki Wahyuni, Rini Budi Astuti. S, dan kelompok 26 Madina, Melinda, Mayliah Dian Khaeriah, Karunia Mulya Firdauzy A. Riskayanti Arif menyampaikan bahwa dirinya bersama teman kelompoknya yang lain sangat memperoleh apresiasi dari pihak PIP yang telah banyak membantu kegiatan termasuk tugas yang diberikan di masing-masing ruangan.

“Alhamdulillah sangat diapresiasi sama pihak PIP termasuk Pudir (baca: Pembantu Direktur) II, III, dan Kabag (baca: Ketua Bagian) Umum. Karena kami disana banyak membantu kegiatan Taruna termasuk Catar/i, terkhusus tugas yang diberikan masing-masing ruangan, kami kerjakan dengan baik,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Iis tersebut.

Lebih lanjut Iis menyampaikan bahwa selama di PIP telah melakukan psikoedukasi mengenai peran regulasi diri dan coping stress terhadap penyesuaian diri pada catar(i), berdasarkan hasil need assessment para taruna mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri saat pertama kali memasuki semester awal sehingga kadang menimbulkan stres.

“Tema psikoedukasi ini sendiri ini diambil berdasarkan need assessment. Hasil dari need assessment diketahui bahwa catar dan taruna yang ada di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri saat pertama kali memasuki semester awal sehingga kadang menimbulkan stress,” paparnya.

Yudha Herlambang selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKP FPsi di PIP turut menyampaikan bahwa kegiatan yang sudah banyak dilakukan sangat membantu para calon taruna dalam pengembangan keterampilan, dan menyampaikan apresiasi dari petinggi kampus PIP dan Kementerian Perhubungan.

“Kegiatan ini sangat membantu para calon taruna untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menghadapi pendidikan yang akan dilaksanakan selama 3 bulan. Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari para petinggi kampus PIP Makassar. Selain itu pihak Kementerian Perhubungan juga memberikan apresiasi yang besar terkait pelaksanaan kegiatan ini,” ucapnya.

Akhir kata Ahkam selaku salah satu dosen pembimbing mahasiswa yang melakukan KKP di PIP Makassar mengucapkan terima kasih kepada PIP yang telah menerima dan membimbing mahasiswa FPsi dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan ahkam berharap PIP Makassar bisa terus bekerja sama dengan FPsi UNM.

“Ucapan terima kasih kepada PIP dan kami berharap semoga kedepannya masih terjalin kerjasama sama dengan PIP dan UNM,” harapnya.