Beranda Makassar LPM Penalaran UNM Gelar PKTIR 2022

LPM Penalaran UNM Gelar PKTIR 2022

HERALDMAKASSAR – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pembukaan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Remaja (PKTIR) 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional V Makassar, Kamis (20/10).

Mengusung tema “Bersama Kita Berkarya, pada Negeri Kita Berdaya”, kegiatan dibuka secara resmi oleh Pendiri LPM Penalaran UNM, Indra Gunawan.

Kegiatan tersebut dihadiri 50 siswa SMA/SMK sederajat di Sulawesi Selatan beserta guru pendamping. Peserta dalam pelatihan merupakan delegasi dari 13 sekolah.

Dalam laporannya, Muh. Hendri selaku ketua panitia menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

“Ini dapat menjadi wahana untuk melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitian siswa-siswi dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan sesuai dengan kaidah penulisan, serta mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, pendiri LPM Penalaran UNM, Indra menuturkan kegiatan PKTIR merupakan salah satu langkah awal untuk menyiapkan generasi bangsa menjadi periset handal. Ia berharap agar para peserta tekun dalam mengikuti pelatihan ini.

“Ini adalah langkah awal untuk menciptakan generasi yang handal menyusun KTI, semoga peserta semangat mengikuti kegiatan ini sampai akhir”, tuturnya.

Ketua Umum, Adil Awal juga berharap peserta dapat memaksimalkan kesempatan mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin sehingga menghasilkan karya terbaik.

“Dengan dibukanya secara resmi kegiatan ini maka saya harap peserta bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk menambah ilmu tentang KTI dan akhirnya menghasilkan karya terbaik”, harapnya.

Usai pembukaan, para peserta akan langsung mengikuti pelatihan terkait penulisan KTI. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pendampingan dalam melakukan penelitian dan penyusunan karya sesuai dengan tema masing-masing tim oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya selama 3 hari ke depan. (*)