Beranda Nasional Rektor UNM Jadi Pembicara di Acara Konaspi X Manado

Rektor UNM Jadi Pembicara di Acara Konaspi X Manado

HERALDMAKASSAR – Sebanyak 123 Dosen dan Tenaga Pendidikan dari Universitas Negeri Makassar ikut berpartisipasi dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) X di Manado.

Tak tanggung-tanggung, seluruh jajaran pimpinan UNM ikut menjadi bagian penting dalam pelaksanaan. Mulai dari rektor, wakil rektor, 9 dekan, Direktur pasca hingga para wakil dekan berbondong menjadi peserta.

Terlebih, sebagaimana diketahui Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng menjadi salah satu pembicara kunci dalam kegiatan tersebut, bersama dengan 11 Rektor dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lainnya.

“Kegiatan ini adalah kegiatan keluarga besar dari Forum Rektor dari 12 LPTK eks IKIP. Tentu ini kewajiban kita bersama untuk menyukseskannnya,” pungkas Rektor UNM Prof Husain Syam.

Lebih lanjut, Prof Husain Syam menuturkan bahwa keterlibatan UNM dalam kegiatan ini merupakan wujud cinta kepada pendidikan seutuhnya. Apalagi, program ini merupakan kegiatan yang melibatkan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

“Kegiatan ini, dilaksanakan sebagai tanggung jawab dan keterlibatan bersama, mulai dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, semua Rektor dan sivitas akademika LPTK, seluruh pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal, dunia usaha dan industri, pemerintah pusat dan daerah, dan jajaran pendidikan dari berbagai daerah,” terangnya.

Sejumlah item kegiatan yang diikuti peserta, seperti kuliah umum bersama Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makariem  bersama dengan Dirjen Dikti, Dirjen Kebudayaan, Dijen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah, Dirjen GTK, Dirjen Vokasi, dan Kepala BRIN.

Konaspi 2022 ini akan dirangkaikan dengan kegiatan Social and Technology Science International Conference on Education Post Covid-19. Kegiatan ini melibatkan dosen-dosen menjadi penyaji makalah untuk bertukar pikiran atas dasar keilmuan.

Konaspi X yang diselenggarakan oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia (ALPTKI) yang mempercayakan Universitas Negeri Manado (Unima) dalam penyelenggaraannya. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 11-13 Oktober 2022, yang berlokasi di Hotel Grand Kawanua International City, Manado.

Selain UNM, 11 LPTK lainnya yang tercatat juga mengirim ratusan dosen dan tenaga pendidikannya, yakni Universitas Negeri Padang (UNP), Univeritas Negeri Medan (Unimed), Univeritas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Univesitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Universitas Negeri Gorontalo, dan Universitas Negeri Manado.

Konaspi 2022 ini memiliki momentum yang sangat strategis di saat Indonesia menjadi Presidensi G20 yang mengusung tema utama yaitu Recover Together, Recover Stronger; sebuah tema yang  dipilih dan ditetapkan dalam upaya Indonesia dan dunia memulihkan berbagai dampak pandemi Coronavirus (Covid-19).

Di bidang pendidikan, Covid-19 telah mengakibatkan jutaan anak-anak kehilangan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu, pelayanan pendidikan bermutu untuk memenuhi hak konstitusional anak-anak bangsa telah kehilangan momentum (*)