Beranda Sulsel Dosen Agroteknologi UMI Beri Pelatihan Pemanfaatan Lidah Buaya Bagi Kelompok Wanita Tani...

Dosen Agroteknologi UMI Beri Pelatihan Pemanfaatan Lidah Buaya Bagi Kelompok Wanita Tani di Pucak Maros

HERALDMAKASSAR – Dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melaukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Pucak, Kabupaten Maros, pada 25 September 2022.

Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Dr. Ir. Maimuna Nontji M.P sebagai Ketua dan Dr. Ir. Suriyanti HS.M.Pd sebagai anggota.

Kegiatan pengabdian tersebut mengangkat judul: Pemanfaatan Tanaman Lidah Buaya Menjadi Nata De Aloe sebagai Makanan Berserat kepada kelompok wanita tani di Desa Pucak yang diikuti sebanyak 35 orang.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya memiliki ketrampilan dalam upaya membangun ekonomi mandiri akan meningkatkan perekonomian masyarakat di desa, utamanya bagi kelompok wanita tani.

Kelompok wanita tani bahkan turut serta mengolah secara langsung bahan baku dalam pelatihan keterampilan mengolah tanaman lidah buaya menjadi Nata De Aloe.

Dalam kegiatan tersebut juga memperlihatkan bahwa para peserta pelatihan telah memahami bahan dan prosedur pembuatan nata De Aloe dari tanaman lidah buaya beserta manfaat dari bahan-bahan yang telah digunakan di dalamnya.

Dengan demikian, diharapkan dari hasil pelatihan ini kelompok wanita tani dapat menyediakan tambahan makanan berserat bagi keluarga serta mampu mengembangkan nata de Aloe menjadi bahan makanan lainnya untuk menambah pendapatan keluarga.

Kemudian hasil akhir pelatihan ini, Nata De Aloe tersebut disajikan sebagai campuran minuman es buah yang segar.