Beranda Makassar Hari Bersih-bersih Sedunia, PIM Sulsel Bersama Pemerintah Komitmen Jaga Lingkungan Hidup

Hari Bersih-bersih Sedunia, PIM Sulsel Bersama Pemerintah Komitmen Jaga Lingkungan Hidup

HERALDMAKASSAR – Dalam Rangka Hari bersih-bersih Sedunia 21 September 2022, Perempuan Indonesia Maju (PIM) Sulawesi Selatan bersama Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi Sulsel, Tim Peduli Lingkungan Hidup DPD PIM Sulsel, Pokja 4, BPTH Wilayah 2, pegiat lingkungan UNM melakukan aksi peduli lingkungan hidup.

Rangkaian kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, Senam bersama, Sosialisasi Edukasi olah sampah, komposter rmh tangga, eco enzyme, ecobric, Pembagian Bibit Pohon Gratis, Bersih-bersih sekitar lego-lego, dan nerbagai kegiatan lainnya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Andi Sarafah mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan terima kasih atas peran aktif DPD PIM Sulawesi Selatan yang ikut berperan aktif dalam rangka hari bersih-bersih sedunia.

Sementara itu, Ketua Umum DPD PIM Sulawesi Selatan Ida Farida Noer Haris menyampaikan Aksi Peduli Lingkungan diharapkan menjadi gaya hidup masyarakat dengan dimulai dari para pengurus PIM untuk melatih agar anggota keluarga dan orang-orang terdekat dapat sadar lingkungan.

“Aksi bersih-bersih ini, dengan melakukan tanam pohon dan donor darah seharusnya menjadi habit atau kebiasaan yang spontan kita lakukan, tidak berhenti pada tataran ceremonial saja,” kata Ida.

Karena itu, menurut dia, perlu ada kolaborasi kuat antara sesama orgnisasi dan pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup yang diharapkan menjadi motor penggerak seluruh lapisan masyarakat.

“Insya Allah Perempuan Indonesia Maju selalu siap untuk menjadi mitra pemerintah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta berkolaborasi dengan masyarakat agar kebiasaan kita dalam menjaga kebersihan tetap terlaksana,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu pula, Ketua Bidang Lingkungan Hidup PIM Sulsel memberikan materi sosialisasi dan edukasi olah dan pilah sampah rumah tangga, praktek pembuatan pupuk organik melalui komposter rumah tangga dan pembuatan eco enzyme.

Dalam materinya, ia mengatakan bahwa kesadaran peduli lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dan sekitar kita sendiri dg mengolah sampah rumah tangga yang ada sehingga sampah tidak dibuang sia-sia yang menyebabkan penumpukan dan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan mnghasilkan pula nila ekonomi rumah tangga.

Bahkan, kegiatan ini pun sebagai komitmen PIM Sulsel dalam berkontribusi terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan. Dalam kegiatan ini diberikan pula materi ecobric untuk olah sampah plastik dalam botol air mineral dari Pokja 4.

Begitu juga dengan beberapa Pengurus PIM ikut dalam aksi donor darah yang di lakukan oleh PKK Provinsi Sulsel Pokja 4, serta Kegiatan ditutup dengan bersih-bersih sekitar lego-lego dan ngopi gratis dari persembahan TOP Coffee.

Di laporkan oleh Warni Saharuddin, Humas PIM DPD 1 Sulawesi Selatan.