Beranda Sulsel Dorong Kemandirian Desa Melalui Wisata, Upaya Gubernur Andi Sudirman Tingkatkan PAD

Dorong Kemandirian Desa Melalui Wisata, Upaya Gubernur Andi Sudirman Tingkatkan PAD

HERALDMAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendorong kedaulatan ekonomi dari Desa.

Sebagai wujud komitmen nyata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam mendukung kemandirian desa melalui potensi wisata di desa.

“Kita sekarang mendorong kemandirian desa dengan program Desa Andalan. Dengan melakukan spot pilot project potensi wisata di desa. Sebagai wujud mendorong kedaulatan ekonomi dari Desa,” jelas Andi Sudirman pada Pelantikan APDESI Susel di Baruga Pattingalloang, Makassar, Senin 22 Agustus 2022.

Pemprov Sulsel pun mendorong sejumlah potensi wisata di Desa. Bahkan Gubernur Sulsel menggelontorkan sejumlah Anggara bantuan keuangan untuk mendorong pengembangan potensi wisata di Desa.

Diantaranya bantuan keuangan senilai Rp 8 Miliar untuk mendukung revitallisasi kawasan wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros; pengembangan wisata Buttu Macca di Kabupaten Enrekang; bahkan bantuan keuangan Rp 20 Miliar untuk mendukung pembangunan akses jalan menuju wisata Ollon di Tana Toraja.

“Tahun ini kita bangun beberapa wisata di Rammang-rammang, wisata Ollon, dan di wisata Buttu Macca. Kita harap dapat dikelola oleh masyarakat, yang akan berdampak pada PAD untuk Desa,” ungkapnya.

Dengan ini pula, diharapkan akan menggeliatkan sektor ekonomi dan pariwisata.

Lanjutnya, “Kita harap dapat membangkitkan dan memulihkan pariwisata serta ekonomi. Kita harap melalui program Desa Andalan, akan berdampak pada terbangunnya kedaulatan ekonomi bagi masyarakat sendiri,” pintanya.(*)