Beranda Makassar Mahasiswa UNM Ajagrajin Rotan Go Digital Dalam Program KKN Kebangsan Di Kalimantan...

Mahasiswa UNM Ajagrajin Rotan Go Digital Dalam Program KKN Kebangsan Di Kalimantan Tengah

HERALDMAKASSAR– Kalimpangan. Pada hari Selasa, 09 Agustus 2022 Mahasiswa KKN Kebangsaan Kelurahan Mandomai melaksanakan Sosialisasi UMKM Go Digital di Kalimpangan, Kelurahan Mandomai, Kapuas Barat, Kapuas, Kalimantan Tengah.

Sosialisasi ini menghadirkan beberapa masyarakat pengrajin rotan di Kalimpangan. Pada pertemuan itu para pengrajin rotan mengatakan “kami hanya membuat tas sesuai pemesanan, itupun dari mulut ke mulut”.

Adapun yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ini adalah mahasiswa KKN Kebangsaan yang berasal dari Universitas Negeri Makassar yang telah mempunyai pengalaman dalam bidang bisnis. Narasumber Yuspita Sari menyampaikan materi mengenai pentingnya marketing digital, dasar marketing, dan digitalisasi product. “Dalam berbisnis kita harus semaksimal mungkin memanfaatkan media digital. Ada banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk hasil rotan ini.

Sementara itu, Aldy Wiraguna salah satu mahasiswa KKN Kebangsaan Kelurahan Mandomai menambahkan bahwasanya tas rotan dapat go internasional apabila dipasarkan dengan konsisten. Aldy juga menambahkan setelah sosialisasi ini akan ada pelatihan penggunaan marketplace seperti shoppee, intagram, Facebook, maupun media yang lainnnya
Bukan hanya itu mereka telah membuat akun Instagram dengan nama RotanE. yang dapat digunakan selanjutnya dalam pemasaran produk rotan mereka.

Kedepannya melalui pelatihan marketplace yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kebangsaan Kelurahan Mandomai, masyarakat pengrajin rotan di Kalimpangan berharap produk rotan yang telah dihasilkan dapat dipasarkan di seluruh Indonesia bahkan sampai ke Luar Negeri.(*)