Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro UNM Ciptakan Alat Peringatan Dini Bencana Angin Kencang

    HERALDMAKASSAR– Arham, salah satu mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro UNM asal kabupaten Bone, berhasil menciptakan teknologi berbasis digital peringatan dini (early warning system) bencana puting beliung. Melalui sebuah alat mikrokontroler, warga desa setiap saat menerima notifikasi status potensi bencana melalui pesan singkat SMS. Alat ini menjadi poin penting dalam verifikasi Program Kampung Iklim oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI.

    Teknologi digital sederhana rakitan anak desa ini terdiri dari tiga komponen utama. Yakni panel surya, sensor angin serta sistem mikrokontroler. Menurut Arham, salah satu anggota Pokja Proklim Dusun Masumpu mengatakan sistem mikrokontroler selain mencatat dan merekam kecepatan angin, juga berfungsi mengirimkan notifikasi via SMS secara real time kepada handphone warga.

    “Ada tiga jenis notifikasi yang dikirim secara otomatis kepada nomor-nomor handphone yang sudah direkam oleh system mikrokontrol, yaitu Siaga untuk kecepatan angin di atas 30 km/jam, Waspada untuk kecepatan di atas 50 km / jam, dan Awas jika kecepatan angin di atas 60 km/jam,” jelas Mahasiswa UNM Makassar ini.

    Pengurus Pokja ProKlim Dusun Masumpu ini mengaku, sengaja memilih aplikasi SMS untuk mengirim notifikasi, mengingat seluruh handphone memiliki aplikasi ini. “Yang penting nomornya sudah dimasukkan dalam sistem, mereka akan menerima notifikasi SMS dimanapun ia berada sepanjang tersedia signal,” tambahnya.

    Menurut Arham, ikhwal munculnya ide membuat teknologi early warning system, bermula dari keprihatinan Pemerintah Desa Massenrengpulu dan Pokja Proklim Masumpu terhadap bencana angin puting beliung yang sering melanda desa ini.

    “Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan satu unit. Kami masih terus melakukan pengembangan. Saya ingin alat ini terkoneksi dengan toa masjid, sekolah dan kantor desa, sehingga pada level status Awas, secara otomatis akan mengeluarkan bunyi serine,” terang Arham.

    Tim verifikator Program Kampung Iklim bersama kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan dan kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone telah memverifikasi alat tersebut sebagai alat penunjang kesiapsiagaan terhadap bencana angin kencang. Serta beberapa wartawan pernah meliput alat tersebut seperti jurnalis TVDesa dan jurnalis Detik.com.

    Kepala Desa Massenrengpulu Wahyudi S.Pd.I mengaku, sangat bangga atas inovasi yang dilakukan Pokja Proklim Dusun Masumpu. “Pemerintah Desa Massenrengpulu akan terus mensupport pengembangan alat ini,” tegasnya dan berharap, dengan inovasi tersebut, kerugian akibat bencana puting beliung bisa diminimalisir.(*)