Beranda Makassar Tim Peduli Lingkungan Hidup DPD PIM Sulsel Sosialisasi Olah Sampah dan Praktek...

Tim Peduli Lingkungan Hidup DPD PIM Sulsel Sosialisasi Olah Sampah dan Praktek Eco Enzyme

HERALDMAKASSAR.COM – DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Sulsel yang diketuai oleh Ida Farida Noer Haris kembali melakukan kegiatan di masyarakat selama 2 hari berturut- turut.

Melalui Bidang Lingkungan Hidup bersama Tim Peduli Lingkungan DPD PIM Sulsel mengadakan sosialisasi olah sampah organik dan anorganik serta praktek pembuatan Eco Enzyme yaitu cairan multi manfaat dari hasil fermentasi 100 hari yang memanfaatkan sampah kulit buah, gula merah dan air.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (18/6/2022) di Jalan Talasalapang untuk para pengurus PIM dan di hari Senin (20/6/2022) di Madaniah International School Boulevard Makassar untuk para siswa.

Ketua bidang lingkungan hidup DPD PIM Sulsel, Amyra Rachma sekaligus sebagai pemateri, menyampaikan kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran seluruh lapisan masyarakat bahkan dimulai sedini mungkin dari anak-anak akan pentingnya mengelola sampah.

Sehingga, kata dia, menjadi solusi untuk mengurangi penumpukan sampah di TPA akibat pembuangan sampah secara sia-sia yang sangat membahayakan dampak gas metan yang dihasilkan bagi kesehatan dan keselamatan alam.

Selain itu juga demi menjaga keselamatan bumi, kebersihan dan kelestarian lingkungan serta kesehatan badan, karena eco enzyme yang terbuat dari fermentasi kulit buah, nantinya setelah panen akan memiliki banyak manfaat dari cairan maupun ampas kulit buahnya.

Selain bisa mengobati gatal-gatal, luka bakar dan goresan, sabun cuci, pengharum udara dan berbagai manfaat lainnya, juga bisa digunakan sebagai pupuk yang bisa menghasilkan tanaman yang lebih berkualitas.

Hal senada juga disampaikan oleh pemateri, salah satu pegiat eco enzyme, Wardah dalam testimoninya mengatakan sudah banyak tetangga yang merasakan manfaat dari eco enzyme yang dibuatnya dan semua ini telah dilakukan riset berkali-kali yang teruji secara resmi sehingga menjadi data yang akurat bukan sekedar pengalaman.

“Harapan yang ada semoga semua lapisan masyarakat berperan aktif dan berkontribusi dalam pelestarian alam. Alam jaga kita. Kita jaga alam,” cetusnya.

Lap. Humas DPD PIM Sulsel