Beranda Makassar Sosialisasi Kebangsaan di Mariso, Legislator Golkar Debbie Rusdin Ajak Warga Jaga Harmonisasi...

Sosialisasi Kebangsaan di Mariso, Legislator Golkar Debbie Rusdin Ajak Warga Jaga Harmonisasi Antar Umat Beragama

MAKASSAR – Ramadhan bulan penuh berkah, merupakan momen yang sangat mulia untuk berbagi dan bersilaturahmi, hal ini pun tidak dilewatkan oleh Angggota DPRD Sulawesi Selatan, dari Fraksi Golkar Debbie Purnama Rusdin melakukan silaturahmi, menyapa konstituennya di Kecamatan Mariso melalu sosialisasi nilai – nilai kebangsaan tentang “keagamaan”.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri
Dosen UIN Alauddin Makassar,
Dr. Shuhufi Abdullah S.Ag dan Aktivis Pemuda dan juga Mahasiswa Program Pasca Sarjana Unhas,Taqwa Bahar.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel itu, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,  tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari dan ini adalah tugas dari legislatif

“Di bulan ramadhan ini mari tingkatkan Ibadah kita. Saya ambil tentang tema keagamaan, karena ini bulan Ramadhan. Nilai-nilai keagamaan adalah nilai yang tidak terlepas dan tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai kebangsaan,” ujar Debbie Rusdin.

Debbie Rusdin mengatakan kegiatan ini agar masyarakat memahami bagaimana kehidupan toleransi beragama

“Rasa tolenransi inilah yang harus terus dibangun, agar tetap terjaga keharmonisan antar umat beragama dalam bangsa ini,” harap Debbie Rusdin.

Dosen UIN Alauddin Makassar,
Dr. Shuhufi Abdullah S.Ag memaparkan bahwa kehidupan di indonesia sangat indah dibandingkan negara timur tengah. Karena di Indonesia banyak agama dan suku kehidupan rukun dan tentram

“Di Negara lain seperti timur tengah hanya berapa suku tapi sering konflik. Nah kita di Indonesia banyak suku dan agama kita rukun, itulah yang membuat Negara kita Indah. Toleransi itu terus dijaga, jangan mau dihasut atau terpancing dengan maraknya hoax di media sosial,” beber Dr. Shuhufi Abdullah.

Lanjut dia menyampaikan, meminta kepada orang tua agar membekali anaknya tentang pendidikan agama sejak kecil.

“Pendidikan karakter itu sangat penting, nah untuk membangun karakter nilai keagamaan itu dilakukan saat anak masih kecil, jangan nanti sudah besar,” harapnya.

Sementara itu Taqwa bahar yang juga
Wakil ketua umum Masika ICMI Sulsel, meminta agar tokoh masyarakat aktif berperan memberikan pendidikan keagamaan kepada pemuda.

“Sekarang ini banyak lagi perang kelompok. Disini peran tokoh masyarakat sangat penting untuk memberikan pembinaan kepada pemuda tentang keagamaan. Jika pendidikan agamanya bagus para pemuda tidak akan terlibat perang kelompok,” ucap Taqwa Bahar.

Sosialisasi Kebangsaan ini dilakukan selama dua hari Oleh Debbie Rusdin. Sehari sebelumnya Minggu (24/04/2022) telah melakukan sosialissi tentang keagamaan bersama dengan warga Kecamatan Mamajang di Red Cendrawasih Hotel Jl. Cendrawasih No 452, Makassar, menghadirkan pemateri, Attock Suharto S sos, Msi
Dosen Uin Palu dan juga Mahasiswa Program Doktoral ilmu komunikasi dan Dr. Abdul Azis Muslimin,
Dosen Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.
Muballigh Immim.