Beranda Sulsel Gelar Buka Puasa Bersama, Sekjen KKT: Memperkuat Jaringan Warga Turatea

Gelar Buka Puasa Bersama, Sekjen KKT: Memperkuat Jaringan Warga Turatea

HERALDMAKASSAR.COM – Panitia amaliyah ramadhan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP KKT) Jeneponto melakukan buka puasa bersama dengan Dewan Pembina KKT yang bertempat di kediaman Prof. Bahaking Rama, di Paopao, Gowa, Sabtu (23/4/2022).

Seperti biasanya, kegiatan buka puasa tersebut didahului tausiyah dan doa bersama yang disampaikan oleh kademisi UIN Alauddin Makassar ustadz Dr Munawir Kamaluddin, MA. Dalam tausiyahnya, Munawir mengungkapkan pentingnya menjadikan bulan suci ramadhan sebagai bulan tarbiyah, bulan riyadhah atau latihan untuk membentuk pribadi setiap muslim.

“Ramadhan merupakan bulan Tarbiyah dan ajang Riyadhan atau latihan untuk membentuk pribadi muslim yang lebih Arif dalam memaknai hidup, Santun, pemaaf, kreatif bekerja meskipun dalam keadaan lapar, pandai bersyukur, murah hati, memiliki keseimbangan tempratur emosional,” ujarnya.

Bulan suci Ramadan ini, lanjut Munawir, agar umat Islam, khususnya keluarga besar KKT agar senantiasa mampu mengendalikan diri. “Sehingga tidak mudah terprovokasi dan terganggu oleh hoaks dan fitnah serta upaya untum diadu domba, termasuk diharapkan menghadirkan muslim yang Tawazin atau seimbang antara duniawi dan ukhrawi (materi & ruhaniyah),” Imbuhnya.

Di akhir tausiyahnya, dosen fakultas Tarbiyah dan Pendidikan UIN Alauddin tersebut mengingatkan lima hal yang perlu ditempuh sebagai langkah preventif untuk mengatasi aneka ketimpangan yaitu: 1. Muhasabah ( selalu dalam kontrol Allah) 2. Mujahidah ( optimalisasi), 3. Ma’ahadah ( konsisten dengan sumpah dan janji dengan Allah), 4. Mu’aqabah ( pemberian sanksi bila melakukan pelanggaran), dan 5 Muhasabah ( evaluasi dan introspeksi diri).

Sementara, Sekretaris Jenderal PP KKT Jeneponto H. Abdul Rachmat Noer dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan buka puasa yang dilakukan selama bulan suci ramadhan ini adalah untuk memperkuat hubungan tali silaturahmi dan memperkuat jejaring warga Turatea.

“Kegiatan buka puasa warga Turatea selain untuk memperkuat tali silaturrahim juga menjadi media untuk saling menguatkan jaringan warga Turatea. Mengingat potensi sumber daya manusia yang begitu besar maka sangat penting untuk mengelola kekuatan SDM warga Turatea dalam rangka membangun kualitas SDM warga Turatea menjadi komunitas unggulan di masyarakat,” kata mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan ini.

Hadir dalam kegiatan itu adalah Dewan Pembina KKT antara lain bapak Prof. Lomba Sultan, Prof. Rakhman Laba Prof. Romanza Guntur, Ustadz Said Amin dan sejumlah pengurus Pusat wilayah dan Daerah KKT Makassar dan Gowa.