Beranda Sulsel Mandiri Benih, Gubernur Siap Salurkan Benih Unggul Gratis untuk 100 Ribu hektar...

Mandiri Benih, Gubernur Siap Salurkan Benih Unggul Gratis untuk 100 Ribu hektar Sawah Petani Sulsel

HERALDMAKASSAR – Jutaan bibit pertanian bakal disalurkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman untuk kelompok tani di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

Penyaluran itu akan berlangsung pada acara Launching Mandiri Benih pada Jembatan Tongkonan Toraja, Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Jum’at 22 April 2022.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulsel, Imran Jausi menyampaikan, bahwa Mandiri Benih merupakan inovasi yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirma Sulaiman. Rencananya, mengusung tema yakni “Bangkitkan Pertanian Sulsel Melalui Mandiri Benih”.

“Dalam launching mandiri Benih yang ditandai dengan penyerahan jutaan benih padi, bibit kopi, kakao dan alat mesin pertanian. Kita rencananya menggunakan 60-70 truk,” ungkapnya, Rabu (20/4/2022).

Adapun target penyaluran benih padi di tahun 2022 ini sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton untuk luas lahan 104 ribu hektar. “Benih ini dibagikan gratis ke masyarakat. Penyalurannya secara bertahap sesuai dengan musim tanam di daerah,” katanya.

“Target yang ingin kita capai tentunya peningkatan produktivitas. Jika benihnya unggul, kualitas baik, tentunya akan bisa menghasilkan produksi yang lebih bagus,” jelasnya.

Terlebih lagi, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang kaya akan hasil pertanian. Apalagi daerah di Indonesia bagian Timur ini juga merupakan salah satu lumbung pangan Nasional.

“Diharapkan dapat meningkatkan produksi padi dengan menggunakan benih yang berkualitas, menjaga pola tanam, mengatur jarak tanam (bukan hambur) dan pemeliharaan yang baik dan benar,” pintanya.