Beranda Sulsel Jumlah kuota BPJS gratis akan dikembalikan, Gubernur Sulsel: Minta maaf dan Data...

Jumlah kuota BPJS gratis akan dikembalikan, Gubernur Sulsel: Minta maaf dan Data Akan Dibenahi Bersama

Sudirman Sulaiman

HERALDMAKASSAR.COM – Kuota penerima bantuan iuran (PBI) BPJS kesehatan gratis dari Pemerintah Provinsi Sulsel untuk tahun 2022 sebanyak 800 ribu lebih penduduk.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Ia menyampaikan, bahwa terjadi penurunan kuota untuk penerima bantuan BPJS Gratis, dikarenakan keterbatasan anggaran dan merujuk pada data BPS sebagai penduduk miskin untuk dicover. Selain itu, karena masih pandemi Covid-19, sehingga masih terjadi refocusing anggaran.

Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat atas pengurangan kuota ini dan data akan dibenahi bersama.

“Kita lakukan pemotongan kuota BPJS masyarakat dicover menjadi 800an ribu lebih hanya pada jumlah penduduk tidak mampu,” ujarnya, Rabu (13/4/2022).

Ia menyebutkan, bahwa kondisi tahun ini kembali terjadi refocusing anggaran dan menyelesaikan utang. “Insya Allah perubahan anggaran, akan kita kembalikan kuota BPJS lagi seperti sebelumnya hanya saja kita akan data ulang kembali,” ungkapnya.

Pendataan ulang itu, kata dia, dilakukan agar penerima PBI BPJS tepat sasaran. Dari data BPS, per September 2021 jumlah angka kemiskinan 8,53% atau 765 ribu jiwa tetapi tetap kita akan cover ke jumlah awal.

“Kami tentu meminta maaf kepada seluruh masyarakat atas segala dampak yang timbul. Termasuk yang sempat tercover dan akhirnya nonaktif. Kita akan aktifkan kembali,” pungkasnya.

Para Bupati/Walikota di Sulsel juga melaporkan kondisi untuk kebijakan jumlah kuota ke jumlah awal dengan verifikasi ketat.

“Kami akan instruksikan kepada Bupati/Walikota agar perketat pendataan dan memastikan yang masuk subsidi adalah yang benar-benar masyarakat miskin yang sesuai regulasi dan tidak karena faktor lain,” terangnya.