Beranda Makassar Akhir Rangkaian Kegiatan Hari Kebudayaan ke-4, Malam Budaya Tampilkan Drama Musikal Perjuangan...

Akhir Rangkaian Kegiatan Hari Kebudayaan ke-4, Malam Budaya Tampilkan Drama Musikal Perjuangan Syekh Yusuf

HERALDMAKASSAR.COM – Hari Kebudayaan Kota Makassar merupakan satu-satunya Kota di Indonesia yang setiap tahun diperingati setiap tanggal 1 April, sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya leluhur yang ada di Sulawesi Selatan.

Hari Kebudayaan yang digagas oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan Kota Makassar pun turut menjadi perhatian bagi pemerintah pusat, apalagi tahun ini merupakan kali keempat digelarnya hari kebudayaan dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Sejak tanggal 1 hingga 8 April 2022, seluruh rangkaian kegiatan hari kebudayaan sukses digelar, mulai dari upacara peringatan sampai di Malam Budaya yang menampilkan kisah perjuangan tokoh agama/budaya Makassar, Syekh Yusuf dalam drama musikal “Sang Mujahid”.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Herfidha Attas mengatakan malam budaya merupakan rangkaian acara terakhir di hari kebudayaan kota Makassar yang rutin digelar setiap tahunnya.

“Kegiatan malam budaya juga menjadi agenda rutin kami dinas kebudayaan dalam peringatan hari kebudayaan kota Makassar,” ujar Herfidha Attas m mengawali sambutannya dalam malam budaya, di Halaman Museum Kota Makassar, Jumat (8/4/2022) malam.

Menurutnya, malam budaya yang mengangkat tema tentang sosok legenda Makassar, selain meningkatkan kecintaan terhadap seni budaya daerah, juga memotivasi generasi muda tentang cerita budaya kisah perjuangan syekh yusuf.

“Malam budaya ini juga sebagai sumber seni kota Makassar dalam menceritakan sejarah para tokoh, legenda dan budayawan terdahulu kita di Makassar,” terangnya.

Olehnya itu, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar, pihak mitra, Maestro, Budayawan dan para masyarakat sekitar yang hadir menyaksikan malam budaya.

“Kami juga apresiasi karena antusias masyarakat yang turut hadir meramaikan, meskipun di bulan suci Ramadan yang seharusnya beristirahat tetapi karena kecintaan kita terhadap budaya maka semua hadir menyaksikan malam budaya,” pungkasnya.

Dalam malam budaya tersebut, selain menampilkan drama musikal “Sang Mujahid” kisah perjuangan Syekh Yusuf, Dinas Kebudayaan Makassar juga mempertontonkan sejumlah seni budaya baik tari tradisional, drama kisah legenda Makassar dari sanggar seni pilihan di Makassar.