Beranda Makassar Dinas PU Makassar: Skrining Mandiri TBC dari Dinas Kesehatan Penting Diikuti

Dinas PU Makassar: Skrining Mandiri TBC dari Dinas Kesehatan Penting Diikuti

HERALDMAKASSAR – Sejumlah Pegawai lingkup Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mengikuti Sosialisasi Skrining Mandiri TBC melalui Aplikasi Sobat TB yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Makassar.

Aplikasi Sobat TB merupakan aplikasi berbasis ponsel pintar yang dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi TBC yang akurat, mengakses layanan TBC, serta melakukan deteksi dini TBC melalui fitur skrining mandiri.

Sosialisasi tersebut berlangsung di Ruang Rapat lantai 2 Dinas PU Kota Makassar, Kamis (24/3/2022) pagi, dengan menghadirkan narasumber dari ahli pengelolaan program TB Dinas Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kota Makassar melakukan Sosialisasi Aplikasi Sobat TB ke Kelurahan/Kecamatan/SKPD agar masyarakat dapat melakukan skrining mandiri untuk mendeteksi gejala awal TBC melalui aplikasi Sobat TB.

Pengelola Program TB Dinas Kesehatan Kota Makassar, Sierli Natar sebagai narasumber sosialisasi menyampaikan bahwa deteksi dini gejala TBC kepada masyarakat adalah bagian dari Forum Multisektor Percepatan Eliminasi TB Kota Makassar.

“Tujuannya adalah untuk mendeteksi atau menskrining gejala TBC dilingkungan sekitar, karena Indonesia saat ini sudah masuk nomor urut kedua tertinggi kasus TBC Dunia,” kata Sierli.

Sementara itu, PPID Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis mengatakan sosialisasi skrining mandiri TBC dari Dinas Kesehatan sangat penting bagi masyarakat.

Sebab, kata dia, upaya dalam menjangkau lebih banyak masyarakat dalam hal edukasi, skrining, serta pendampingan pengobatan dapat makin dipermudah melalui aplikasi Sobat TB.

“Sejumlah pegawai kita di Dinas PU Kota Makassar mengikuti sosialisasi ini agar dalam mengakses layanan TBC bisa lebih mudah untuk disampaikan ke keluarganya dan lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.