Beranda Makassar Rektor UNM Selamati Mentan SYL Atas Gelar Professor Kehormatan Dibidang Hukum Unhas

Rektor UNM Selamati Mentan SYL Atas Gelar Professor Kehormatan Dibidang Hukum Unhas

HERALDMAKASSAR.COM – Menteri Pertanian RI, Prof. (Unhas). Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH resmi menyandang gelar profesor kehormatan Universitas Hasanuddin (Unhas) di bidang Hukum.

Pemberian gelar profesor kehormatan kepada SYL juga ditandai dengan Surat keputusan (SK) penetapannya sebagai guru besar kehormatan yang diserahkan oleh Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina.

SYL juga berkesempatan menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Hibridisasi Hukum Tata Negara Positivistik dengan Kearifan Lokal dalam Mengurai Kompleksitas Kepemerintahan”. Prosesi itu berlangsung di Ruang Senat Akademik, Gedung Rektorat Unhas, Kamis (17/3/2022).

Ucapan selamat pun mulai banjir berdatangan kepada mantan Gubernur Sulsel dua periode itu. Mulai dari Menteri, tokoh nasional, Kepala Daerah se-Indonesia, para alumni Unhas, hingga sahabat dan kolega.

Termasuk, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. Ia menyampaikan keluarga besar civitas akademika UNM mengucapkan selamat dan sukses atas pengukuhan SYL adalah sosok yang memiliki jenjang reputasi yang luar biasa.

“Kita ketahui beliau mulai dari kepala desa, Lurah, Camat, Bupati, Wakil Gubernur, Gubernur Sulsel dua periode dan sekarang menjadi Menteri Pertanian Republik Indonesia, sebuah perjalanan karir yang luar biasa dan tentu tidak mudah dicapai jika tidak dibarengi ilmu pengetahuan mumpuni,” ujarnya.

Rektor UNM yakin dan percaya pemberian gelar profesor di bidang hukum bagi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, merupakan suatu kelayakan dan kepantasan sebagai tokoh nasional.

Betapa tidak, menurut Rektor UNM, Syahrul Yasin Limpo yang disiplin ilmunya selalu memberikan ide dan pikiran cemerlang untuk pembangunan Republik ini.

“Pak Syahrul juga merupakan sosok yang malang melintang pada bidang keilmuan hukum, bahkan diluar ilmu hukum mampu di elaborasi secara baik,” ucap Prof Husain Syam.

“Profesor Syahrul Yasin Limpo juga sangat piawai dalam meniti karir dari bawah, maka sangat pantas kiranya mendapatkan gelar profesor kehormatan, dan kita semua tentu mendukung demi kemajuan negeri ini,” pungkasnya.