Beranda Makassar Lewat Seminar, Diskominfo Makassar Perkuat Jaringan Media Sukseskan Publikasi Program Pemkot

Lewat Seminar, Diskominfo Makassar Perkuat Jaringan Media Sukseskan Publikasi Program Pemkot

HERALDMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar seminar hubungan media, dengan mengundang sejumlah perwakilan media yang ada Makassar, di Four Point Hotel By Sheraton, Rabu (9/3).

Mengangkat tema “Memperkuat Jaringan Media untuk Mensukseskan Publikasi Program Pemerintah Kota Makassar” menghadirkan sejumlah narasumber lintas profesi.

Selaku narasumber, Frederich Keun mengaku hubungan antara pemerintah dan media dapat berkolaborasi dalam bentuk kemitraan. Sejumlah jenis kemitraan yang dipaparkan beliau, diantaranya iklan imbal siar.

“Kemudian kemitraan, ini perlu pemerintah jaga karena bagaimana pun kolaborasi dan kerjasama sangat dibutuhkan dalam publikasi program pemerintah kota Makassar maupun kontrol sosial,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPID Sulawesi Selatan, Muh Hasrul Hasan menyampaikan secara tingkatan, media dan pemerintah itu setara karena saling membutuhkan. Pemerintah membutuhkan media untuk mensukseskan publikasi program-program kerja, begitu juga media membutuhkan pemerintah sebagai narasumber dan salah satu hasil dari imbal siar

“Makanya dalam pengelolaan hubungan pemerintah dan media harus betul-betul saling berkolaborasi dengan tidak keluar dari tugas dan fungsi masing-masing,” jelasnya.

Kemudian, Maqbul Halim mengatakan media dan pemerintah harus memiliki road map rencana pembangunan untuk publikasi. Informasi yang dihimpun media disarankannya, dikemas dalam satu pintu.

“Kalau sekarang ada namanya PPID (Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi) untuk informasi terbuka bagi masyarakat. Saya rasa hal ini sangat baik dalam menyukseskan program pemerintah. Strategi juga dalam rangka menghindari berita yang tidak benar,” pungkasnya.