Beranda Headline News Kamis Ini, Sulsel Punya Gubernur Definitif

Kamis Ini, Sulsel Punya Gubernur Definitif

ANDI SUDIRMAN SULAIMAN

HERALDMAKASSAR.com – Teka-teki soal jadwal pelantikan Gubernur Sulsel definitif akhirnya terjawab. Jika tidak ada aral melintang, Andi Sudirman Sulaiman yang selama lebih setahun menjabat pelaksana tugas, akhirnya dilantik menakhodai Sulsel hingga 2024.

Andi Sudirman Sulaiman akan dilantik tanpa wakil gubernur. Ia akan melanjutkan kepemimpinan Nurdin Abdullah yang kini telah divonis penjara selama 5 tahun.

Adik mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu, akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Kamis 10 Maret 2022.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (8/3/2022).

“Terkait pelantikan Gubernur Sulsel definitif suratnya sudah masuk yaitu tanggal 10 Maret di Istana Negara dihadiri secara terbatas,” ujar Syahar.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel itu mengatakan saat ini Andi Sudirman bersama istri serta Sekda Provinsi Sulsel Abd Hayat Gani sudah berada di Jakarta.

“Sementara dari DPRD Sulsel diwakili oleh Ibu Ketua Andi Ina Kartika, karena keterbatasan undangan masuk Istana dibatasi,” tutur Syahar.

Sementara soal pengisian Wakil Gubernur Sulsel yang sudah tak bisa dilakukan, Syahar mengatakan pihaknya masih akan melakukan konsultasi ke Kemendagri dan meminta penjelasan secara tertulis.

“Kita akan minta penegasan saja tertulis bahwa memang pengusulan wakil gubernur sudah tidak bisa lagi karena batas waktunya sudah lewat yakni batas akhir 5 Maret,” ungkap politsi berdarah Kabupaten Sidrap tersebut.

(***)